PENGGUNAAN JAVA 3D API UNTUK TRANSFORMASI DAN PENCAHAYAAN PADA OBJEK 3D

Buana, Dian and Prasetyo, Agung Budi and Sofwan, Aghus (2011) PENGGUNAAN JAVA 3D API UNTUK TRANSFORMASI DAN PENCAHAYAAN PADA OBJEK 3D. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
925Kb

Abstract

Perkembangan dunia 3D saat ini semakin meluas dan merambah ke berbagai bidang, mulai dari perfilman, iklan, dan juga permainan. Dua hal mendasar dari penerapan 3D yaitu transformasi, dan pencahayaan. Java 3D API merupakan API yang dikembangkan oleh developer Java untuk pembuatan objek 3D menggunakan bahasa pemrograman java. Cakupan transformasi yang dibahas terdiri atas translasi, rotasi, dan skala. Sedangkan pencahayaan objek mencakup ambient light, directional light, point light, dan spot light. Dari penyinaran langsung ke objek, maka akan terjadi refleksi pencahayaan, yaitu. ambient, diffuse, emissive, dan specular. Tugas akhir ini mencoba mengimplementasikan kelas-kelas dalam Java 3D API untuk transformasi 3 dimensi dan pencahayaan dalam bentuk suatu aplikasi studio. Aplikasi dapat membuat suatu objek yang kemudian dapat ditransformasikan dan diberi efek pencahayaan sesuai dengan fungsi yang dimiliki oleh aplikasi ini. Analisis dan desain aplikasi menggunakan pendekatan berorientasi objek. Aplikasi dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java dan Java 3D API (Application Programming Interface). Kata kunci: transformasi, rotasi, penskalaan, translasi, pencahayaan, ambient, diffuse, emissive, specular, ambient light, directional light, point light, spot light, 3D

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25322
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jan 2011 11:52
Last Modified:11 Jan 2011 11:52

Repository Staff Only: item control page