Karnadi, karnadi and Prasetijo, Agung Budi and Isnanto, R.Rizal (2011) PERANCANGAN APLIKASI PENDAMPING PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MICROSOFT SPEECH API. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik elektro Fakultas Teknik Undip.
| PDF - Published Version 545Kb |
Abstract
Penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang dominan dipakai dalam pergaulan internasional merupakan salah satu akses untuk meraih kesuksesan di segala bidang. Salah satu tujuan kurikulum nasional pendidikan bahasa Inggris adalah mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang meliputi menyimak (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing) dalam bahasa tersebut, dalam bentuk lisan dan tulis. Teknologi Pengenalan Suara Automatis (Automatic Speech Recognition) pada Microsoft Speech API dapat digunakan untuk membuat aplikasi pendamping untuk mempraktikan keempat keterampilan bahasa tersebut. Aplikasi dibangun berbasis GUI (Graphical User Intefarce) agar menarik dan ramah pengguna (user friendly). Aplikasi ini dapat menyimpan teks sehingga dapat diubah dan digunakan berulang-ulang. Dalam tugas akhir ini, implementasi GUI menggunakan bahasa pemograman visual Delphi 7.0 pada sistem operasi Windows XP yang dihubungkan dengan basis-data Firebird 1.5 sehingga berkas dapat ditambah, diperbarui dan dipakai secara bersamaan dalam satu jaringan. Aplikasi ini dapat digunakan secara interaktif untuk melatih empat dasar keterampilan berbahasa Inggris ditambah dengan aktivitas latihan untuk mempertajam pemahaman. Kata-kunci : komunikasi, pengenalan suara automatis, microsoft speech API, GUI, basis-data
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering |
ID Code: | 25312 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 11 Jan 2011 09:24 |
Last Modified: | 11 Jan 2011 09:24 |
Repository Staff Only: item control page