STUDI ARUS BOCOR DENGAN METODE PENGUKURAN INCLINED-PLANE TRACKING (IPT) PADA MATERIAL POLIMER HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE)

Nugroho, Rohmat and Syakur, Abdul and Hermawan, Hermawan (2011) STUDI ARUS BOCOR DENGAN METODE PENGUKURAN INCLINED-PLANE TRACKING (IPT) PADA MATERIAL POLIMER HIGH DENSITY POLYETHYLENE (HDPE). Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
915Kb

Abstract

Sistem tenaga listrik yang baik harus didukung oleh sistem isolasi yang baik pula. Salah satu kriteria sistem isolasi yang baik adalah memiliki sifat hidrofobik atau sifat menolak air. Di daerah pantai dan industri kondisi lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja sebuah isolator. Adanya kontaminan garam dan bahan kimia di udara dapat menempel pada permukaan isolator pasangan luar dan menyebabkan terjadinya Leakage Current (LC) atau arus bocor yang mengalir pada permukaan isolator tersebut. Adanya arus bocor merupakan peristiwa awal yang dapat mengakibatkan degradasi permukaan isolator yang lama-kelamaan menyebabkan kegagalan sebuah isolator. Tugas akhir ini mempresentasikan hasil penelitian tentang pengukuran arus bocor skala laboratorium pada material isolasi polimer High Density Polyethylene (HDPE) yang berbeda tingkat kekasaran dengan metode pengukuran Inclined-Plane Tracking (IPT) menggunakan tegangan AC 50 Hz. Pengolahan data arus bocor meliputi nilai magnitude maksimal rata-rata arus bocor sebagai fungsi waktu dan melakukan proses FFT bentuk gelombang arus bocor menggunakan software bantu Labview 7.1 untuk mengetahui nilai THD arus bocor. Nilai THD arus bocor merupakan parameter untuk mengetahui sifat hidrofobik permukaan material. Untuk mengetahui kecenderungan data arus bocor digunakan metode pendekatan persamaan garis regresi kuadrat terkecil polinom orde 2. Berdasarkan hasil pengukuran dan proses analisis menunjukkan bahwa magnituda dan bentuk gelombang dari arus bocor sangat dipengaruhi oleh kondisi kekasaran permukaan material dan besarnya aliran kontaminan, kecenderungan %THD sebagai fungsi waktu yang relatif menurun, serta permukaan material tanpa kekasaran khusus lebih bersifat hidrofobik dibandingkan dengan material dengan kekasaran khusus berdasarkan nilai % THD arus bocornya. Kata kunci : arus bocor, HDPE, IPT, THD, Regresi Kuadrat Terkecil

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25302
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jan 2011 08:26
Last Modified:11 Jan 2011 08:26

Repository Staff Only: item control page