Analisa Pengaruh Jumlah Antena dan Algoritma Deteksi Pada MIMO Penjamakan Spasial Terhadap Kualitas Pengiriman Informasi

Komariah, Irma and Prasetijo, Agung Budi and Setiyono , Budi (2011) Analisa Pengaruh Jumlah Antena dan Algoritma Deteksi Pada MIMO Penjamakan Spasial Terhadap Kualitas Pengiriman Informasi. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
242Kb

Abstract

Sistem komunikasi nirkabel Multiple Input Multiple Output (MIMO) menggunakan antena susunan (antenna array) baik pada sisi pengirim maupun pada sisi penerima untuk menyediakan jalur komunikasi yang substansial secara efisiensi spektral, diversitas dan kapasitas. Sistem MIMO yang umum menjadi topik penelitian adalah Space Time Block Coding (SBTC) dan Spatial Multiplexing (SM). SM adalah sistem MIMO dengan aliran informasi yang saling bebas pada masing-masing antena pemancar sehingga menjadi sangat sensitif terhadap kondisi buruk matrik kanal tapi memberikan peningkatan efisiensi spektral untuk laju data yang tetap. Penggunaan jumlah antena yang bervariasi baik di sisi pengirim maupun di sisi penerima memberikan pengaruh yang berbeda terhadap performansi sistem. Jumlah antena pemancar tidak harus sama dengan jumlah antena penerima. Jumlah antena pada pemancar boleh lebih banyak dibanding di penerima, begitu juga sebaliknya. Ketiga kondisi tersebut memberikan pengaruh yang berbeda terhadap performansi sistem selain jumlah antena itu sendiri. Performansi sistem yang menggunakan MIMO juga dipengaruhi oleh metode/algoritma deteksi simbol yang digunakan. Tugas Akhir ini akan mencoba membandingkan algoritma yang ada dan mencoba menggabungkannya untuk mendapatkan algoritma yang lebih optimal. Algoritma deteksi yang akan diuji adalah ZF, VBLAST, LLSE, ZF-VBLAST dan VBLAST-LLSE. Pengujian dilakukan dengan cara membuat model simulasi dari sistem MIMO yang dimaksud dengan menggunakan program MATLAB pada kondisi kanal propagasi berderau AWGN dan rayleigh dengan mobilitas diam. Kata Kunci: Multiple Input Multiple Output (MIMO), Spatial multiplexing, multi antena, AWGN, rayleigh, ZF, VBLAST, LLSE, ZF-VBLAST dan VBLAST-LLSE.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25277
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:10 Jan 2011 16:41
Last Modified:10 Jan 2011 16:41

Repository Staff Only: item control page