Faktor Determinan Gizi Yang Mempengaruhi Tekanan Darah Remaja di Wilayah Perkotaan dan Pinggiran Studi di SMA 1 Semarang dan SMA 12 Gunung Pati)

Wendy Oktreea Elkenans, Wendy Oktreea Elkenans (2009) Faktor Determinan Gizi Yang Mempengaruhi Tekanan Darah Remaja di Wilayah Perkotaan dan Pinggiran Studi di SMA 1 Semarang dan SMA 12 Gunung Pati). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
72Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

242Kb

Abstract

Latar belakang: Hipertensi tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga terjadi pada remaja. Tekanan darah pada usia remaja dapat digunakan untuk memprediksi kemungkinan terjadinya hipertensi di kemudian hari. Kehidupan para remaja, di wilayah perkotaan dan pinggiran pada masa sekarang, cenderung dipengaruhi oleh perkembangan zaman, terutama pada kebiasaan makan mereka. Faktor determinan gizi yang berhubungan dengan tekanan darah remaja adalah asupan karbohidrat sederhana, lemak jenuh, protein, natrium, kalium, kasium dan serat. Metode:Desain penelitian cross sectional dengan jumlah subjek masing-masing 38 di dua tempat penelitian, dipilih secara proporsional random sampling dari kelas X dan XI yang memenuhi kriteria inklusi. Data asupan diperoleh dengan semi quantitative food frequencies. Nilai tekanan darah sistolik dan diastolik remaja diukur secara langsung dengan menggunakan sphygmomanometer. Hasil: Tidak ditemukan subyek di wilayah pinggiran yang mempunyai tekanan darah tinggi baik sistolik dan diastolik. Sebanyak 21,0% subyek di daerah perkotaan mempunyai tekanan darah sistolik di atas normal dan sebanyak 23,7% subyek di perkotaan mempunyai tekanan darah diastolik di atas normal. Ada hubungan determinan asupan karbohidrat sederhana, lemak jenuh, protein, natrium dan kalsium dengan tekanan darah sistolik dan diastolik pada remaja di daerah pinggiran. Ada hubungan determinan asupan karbohidrat sederhana, lemak jenuh, natrium dan kalium dengan tekanan darah remaja di perkotaan. Determinan asupan kalsium yang paling berhubungan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik remaja di pinggiran dan perkotaan. Hasil di pinggiran dengan nilai p=0,018 (β=-0,030) untuk sistolik dan nilai p=0,003 (β=-0,171)untuk diastolik. Hasil di perkotaan dengan nilai p=0,002 (β=-0,016) untuk sistolik dan nilai p=0,017 (β=-0,010) untuk diastolik. Simpulan: Determinan asupan kalsium adalah faktor yang paling berhubungan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik remaja di daerah pinggiran maupun perkotaan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:tekanan darah, remaja, karbohidrat sederhana, lemak jenuh, protein, natrium, kalium, kalsium, serat
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25252
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jan 2011 11:34
Last Modified:10 Jan 2011 11:34

Repository Staff Only: item control page