Pengaruh Pemberian Seduhan Teh Rosella Merah Hisbiscus Sabdariffa) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik pada Penderita Hipertensi

Dwi Siwi Ardhiani , Dwi Siwi Ardhiani (2009) Pengaruh Pemberian Seduhan Teh Rosella Merah Hisbiscus Sabdariffa) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik pada Penderita Hipertensi. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
110Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

363Kb

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi merupakan faktor utama penyakit kardiovaskuler yang merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Hipertensi berkaitan dengan gaya hidup masyarakat. Pengendalian hipertensi harus didasari partisipasi dengan mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Rosella merupakan bahan makanan yang mengandung zat gizi yang mempunyai efek positif terhadap tekanan darah tinggi. Tujuan : Mengetahui pengaruh pemberian seduhan teh rosella merah terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi. Metode : Penelitian ini menggunakan desain randomized control trial (RCT) pada 2 kelompok. Kelompok pertama yaitu perlakuan dengan rosella sebanyak 1, 5 gram yang diseduh menggunakan air panas selama 14 hari dan kelompok kedua yaitu kelompok kontrol dengan pemberian sirup rasa framboz. Jumlah subjek dalam penelitian ini 66 orang. Subjek mempunyai tekanan darah sistolik 140-210 mmHg dan atau diastolik 90- 130 mmHg. Asupan karbohidrat, protein, lemak, serat, kalium, dan natrium selama penelitian diamati dengan menggunakan metode food recall 3 x 24 jam. Analisis statistik yang digunakan adalah kolmogorov-Smirnov, dan chi-square. Hasil : Terdapat 33 subjek (100%) mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada kelompok perlakuan dengan seduhan teh rosella. Simpulan : Pemberian seduhan teh rosella (Hisbiscus Sabdariffa) berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Hipertensi, rosella merah
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25239
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jan 2011 10:37
Last Modified:10 Jan 2011 10:37

Repository Staff Only: item control page