Hubungan Asupan Zat Besi dan Kadar Hemoglobin dengan Kesegaran Jasmani (VO2 Max) pada Remaja Putri di SMA Negeri 3 Semarang

Tri Ayu Setiyaning Tiyas, Tri Ayu Setiyaning Tiyas (2009) Hubungan Asupan Zat Besi dan Kadar Hemoglobin dengan Kesegaran Jasmani (VO2 Max) pada Remaja Putri di SMA Negeri 3 Semarang. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
118Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

339Kb

Abstract

Latar belakang: Wanita mempunyai risiko tinggi untuk menderita anemia, terutama pada masa remaja. Pada masa tersebut, remaja putri membutuhkan asupan zat besi yang tinggi, karena setiap bulannya remaja putri kehilangan besi akibat menstruasi. Seseorang dengan anemia akan memiliki tingkat kesegaran jasmani yang sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara asupan zat besi dengan kadar hemoglobin dan hubungan kadar hemoglobin dengan kesegaran jasmani pada remaja putri di SMA Negeri 3 Semarang. Metode:Desain penelitian cross sectional dengan jumlah subjek 55 dipilih secara proporsional random sampling dari kelas X dan XI yang memenuhi kriteria inklusi. Data asupan diperoleh dengan semi quantitative food frequencies. Kadar hemoglobin diukur dengan metode cyanmethaemoglobin, sedangkan tingkat kesegaran jasmani (nilai VO2max) diukur dengan metode multistage fitness test. Hasil: Sebanyak 48 subjek (82,27%) termasuk dalam kategori tingkat kesegaran jasmani sangat kurang. Sebanyak 10 subjek diantaranya menderita anemia yang diduga terjadi akibat tidak adekuatnya asupan zat besi. Ada hubungan antara asupan zat besi dengan kadar hemoglobin setelah dikontrol dengan asupan protein, serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, seng, tanin, fitat, oksalat (p value 0,003; β=0,171). Ada hubungan antara kadar hemoglobin dengan kesegaran jasmani setelah dikontrol dengan status gizi dan kebiasaan olahgara (p value 0,010; β=0,383). Simpulan: Asupan zat besi berperan penting dalam pembentukan hemoglobin yang dapat menunjang kesegaran jasmani.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Siswi SMA, kesegaran jasmani, hemoglobin, zat besi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25238
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jan 2011 10:30
Last Modified:10 Jan 2011 10:30

Repository Staff Only: item control page