Hubungan Asupan Energi, Protein dengan Perubahan Status Gizi Pasien Rawat Inap di Ruang Dahlia Rumah Sakit Daerah Sunan Kalijaga Kabupaten Demak

Mahfudl, Mahfudl (2009) Hubungan Asupan Energi, Protein dengan Perubahan Status Gizi Pasien Rawat Inap di Ruang Dahlia Rumah Sakit Daerah Sunan Kalijaga Kabupaten Demak. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

102Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
99Kb

Abstract

Latar Belakang : Malnutrisi merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi rumah sakit dalam upaya penyembuhan pasien. Hampir 50 % menunjukan malnutrisi, terutama pada pasien yang dirawat lebih dari 10 hari. Masalah gizi terbanyak di rumah sakit, yang merupakan masalah kesehatan di berbagai negara, baik di negara maju maupun negara berkembang adalah kurang energi protein (KEP), berupa penurunan berat badan. Prevalensi kurang energi protein di rumah sakit yang terjadi di seluruh dunia berkisar 35-55 %, rata-rata 75% status gizi pasien yang dirawat akan menurun dibandingkan awal masuk. Tujuan : Mengetahui hubungan asupan energi, asupan protein dengan perubahan status gizi pasien rawat inap di ruang Dahlia Rumah Sakit Daerah Sunan Kalijaga Kabupate Demak. Metode : Penelitian ini termasuk penelitian deskripsi eksplanatif dengan pendekatan “ cross sectional”. Besarnya sampel dalam penelitian 74 pasien anak yang diambil dengan cara random sampling, Kebutuhan energi, protein mengunakan angka kecukupan individu, asupan energi dan protein diperoleh dengan food recall Analisis data menggunakan uji korelasi Rank-Spearman dan uji korelasi Pearson. Hasil : Tingkat asupan energi rerata 60,48 % / hari dan tingkat asupan protein 91,91 % / hari. Uji Bivariat menunjukkan baik asupan energi dan asupan protein dengan perubahan status gizi tidak ada hubungan, uji korelasi Rank-Spearman untuk asupan Energi (p>0,05) dan asupan protein dengan uji korelasi Pearson (p>0,05) . Simpulan : Asupan energi dan protein pasien anak rawat inap tidak berpengaruh terhadap perubahan status gizi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Asupan energi, asupan protein, perubahan status gizi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25237
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:10 Jan 2011 10:21
Last Modified:10 Jan 2011 10:21

Repository Staff Only: item control page