Perilaku Menyusui dan Pemberian Makan Anak 12-36 bulan dengan Simpang Tumbuh Positif pada Rumahtangga Miskin (Studi di Sejangkung, Sambas, Kalimantan Barat)

Muslimin, Muslimin (2009) Perilaku Menyusui dan Pemberian Makan Anak 12-36 bulan dengan Simpang Tumbuh Positif pada Rumahtangga Miskin (Studi di Sejangkung, Sambas, Kalimantan Barat). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
72Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

213Kb

Abstract

Latar Belakang: Gangguan pertumbuhan kebanyakan terjadi pada keluarga miskin. Penyimpangan Positif dalam bidang gizi menggambarkan anak-anak yang tumbuh dengan baik dalam keluarga yang miskin, sedangkan banyak anak lain mengalami gangguan pertumbuhan. Tujuan: Mengetahui perbedaan antara perilaku menyusui dan pemberian makan anak 12-36 bulan dengan simpang tumbuh positif dibanding kelompok kontrol pada rumahtangga miskin. Metoda: Desain penelitian ini adalah kasus kontrol berpadanan 1:1. Subjek terdiri dari 41 kasus dan 41 kontrol. Pengambilan subjek menggunakan teknik cluster sampling. Pemilihan subjek simpang tumbuh positif berdasarkan grafik pertumbuhan berat badan subjek naik selama enam bulan terakhir, sedangkan kontrol dipilih berdasarkan grafik pertumbuhan berat badan turun naik. Instrumen penelitian dacin berkekuatan 25 kg dengan tingkat ketelitian 0,1 kg dan kuesioner. Uji statistik yang digunakan uji McNemar dan Odds Ratio (OR) menggunakan program SPSS for Windows versi 15. Hasil: Perilaku menyusui dengan simpang tumbuh positif dan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,001). Ibu dengan perilaku menyusui baik mempunyai peluang anak tumbuh dengan baik 8,5 kali dibanding ibu yang perilaku menyusui kurang baik. Perilaku pemberian makan dengan simpang tumbuh positif dan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang bermakna (p=0,049). Ibu dengan perilaku pemberian makan baik mempunyai peluang anak tumbuh dengan baik 3,3 kali dibanding ibu yang perilaku pemberian makan kurang baik. Kesimpulan: Perilaku menyusui dan pemberian makan adalah perilaku yang berperan pada simpang tumbuh positif anak 12-36 bulan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Perilaku menyusui, perilaku pemberian makan, simpang tumbuh positif, rumahtangga miskin.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
ID Code:25235
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:10 Jan 2011 10:03
Last Modified:10 Jan 2011 10:03

Repository Staff Only: item control page