PERANCANGAN PENGIRIM SMS AUTOMATIS PADA SISTEM ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (STUDI KASUS PADA SMP KRISTEN TRI TUNGGAL SEMARANG)

Sihotang, Gideon and Isnanto, R.Rizal and Sofwan, Aghus (2011) PERANCANGAN PENGIRIM SMS AUTOMATIS PADA SISTEM ADMINISTRASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (STUDI KASUS PADA SMP KRISTEN TRI TUNGGAL SEMARANG). Undergraduate thesis, University Diponegoro.

[img]
Preview
PDF - Published Version
1243Kb

Abstract

Selama ini di SMP Kristen Tri Tunggal belum ada aplikasi pengirim SMS automatis untuk sistem administrasi. Oleh sebab itu perlu dibuat suatu sistem layanan informasi semua jadwal dan kegiatan administrasi (termasuk belajarmengajar) berbasis SMS yang bermanfaat bagi siswa, walisiswa, guru, maupun karyawan administrasi. Metode yang digunakan dalam merancang aplikasi Pengirim SMS Automatis ini adalah metode UML (Unified Modeling Language). Dalam pengembangan aplikasi Pengirim SMS Automatis ini dibutuhkan perangkat lunak pendukung Java sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai basisdata. Langkah-langkah pengembangan system yang dilakukan adalah: analisis kebutuhan terhadap layanan informasi administrasi melalui SMS yang akan dibuat; perancangan untuk mewujudkan layanan informasi administrasi melalui SMS tersebut; pembuatan program aplikasi yang telah dirancang; dan melakukan pengujian terhadap aplikasi tersebut. Dari hasil pengujian dan analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa telah dapat dikembangkan sistem pengirim SMS automatis pada sistem administrasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan basisdata MySQL. Pada aplikasi pengirim SMS automatis yang telah dibuat, pengguna administrator dapat melakukan penambahan, pengeditan, dan penghapusan data informasi kalender akademik berikut kode untuk mengaksesnya. Bagi pengguna biasa, informasi administrasi dapat diakses dengan mengirimkan SMS menggunakan format tertentu. Penggunaan huruf besar atau huruf kecil tidak mempengaruhi jawaban yang diberikan aplikasi. Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap sistem, diperoleh hasil bahwa untuk empat pengguna yang mengirimkan pesan secara bersamaan, sistem masih mampu berjalan dengan baik. Kata-kunci: SMS, basisdata, perangkat lunak, UML.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
ID Code:25223
Deposited By:Mr. Sudjadi Pranoto
Deposited On:07 Jan 2011 20:15
Last Modified:07 Jan 2011 20:15

Repository Staff Only: item control page