EVALUASI KEBIJAKAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 6 TAHUN 2008 TENTANG SISTEM DAN TATA CARA PENERIMAAN PESERTA DIDIK DI KOTA SEMARANG ( KASUS PENERIMAAN PESERTA DIDIK MELALUI SELEKSI KHUSUS SMP NEGERI 10 KOTA SEMARANG )

MIFTAHUDIN, MIFTAHUDIN (2009) EVALUASI KEBIJAKAN PERATURAN WALIKOTA SEMARANG NOMOR 6 TAHUN 2008 TENTANG SISTEM DAN TATA CARA PENERIMAAN PESERTA DIDIK DI KOTA SEMARANG ( KASUS PENERIMAAN PESERTA DIDIK MELALUI SELEKSI KHUSUS SMP NEGERI 10 KOTA SEMARANG ). Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img]
Preview
PDF - Published Version
419Kb

Abstract

Tesis ini mendeskripsikan hasil penelitian mengenai evaluasi kebijakan Peraturan Walikota Semarang Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Sistem dan Tata Cara Penerimaan Peserta Didik di Kota Semarang ( kasus penerimaan peserta didik melalui seleksi khusus SMP Negeri 10 kota Semarang ). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi dan wawancara yang penulis lakukan di SMP Negeri 10 Semarang dimana terdapat masalah dalam perangkingan siswa yang diterima berdasarkan sumbangan yang diberikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data adalah observasi/pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Data yang sudah dikumpulkan akan disajikan dengan mereduksi data yang tidak diperlukan dalam penelitian. Setelah itu dilakukan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan, maka penulis mengajukan rekomendasi sebagai berikut: Pelaksanaan kebijakan Peraturan Walikota Semarang Nomor 6 Tahun 2008 Tentang Sistem dan Tata Cara Penerimaan Peserta Didik di Kota Semarang kurang efektif karena terdapat pelaksanaan kebijakan yang tidak sesuai dengan harapan pembuatan kebijakan. Pelaksanaan kebijakan cukup efisien karena usaha yang dilakukan pembuat dan pelaksana kebijakan dalam hal ini SMP Negeri 10 Semarang sudah optimal. Dampak yang dihasilkan adalah berupa dampak positif yaitu sebagai pembelajaran pemerintah kota Semarang tentang pelaksanaan penerimaan peserta didik melalui seleksi khusus, sedangkan dampak negatif adalah adanya protes keras dari sejumlah masyarakat yang termuat di berbagai media massa. Penerimaan peserta didik melalui seleksi khusus secara konseptual akan meningkatkan mutu pendidikan, akan tetapi kenyataannya penerimaan peserta didik melalui seleksi khusus tidak berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 10 Semarang karena uang yang diterima sekolah dikembalikan kepada orang tua.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Administration
ID Code:25117
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:04 Jan 2011 08:28
Last Modified:04 Jan 2011 08:28

Repository Staff Only: item control page