PENGARUH PENAMBAHAN PLASTIK LDPE ( LOW DENSITY POLY ETHILEN ) CARA BASAH DAN CARA KERING TERHADAP KINERJA CAMPURAN BERASPAL.

Wasiah Suroso, Tjitjik (2008) PENGARUH PENAMBAHAN PLASTIK LDPE ( LOW DENSITY POLY ETHILEN ) CARA BASAH DAN CARA KERING TERHADAP KINERJA CAMPURAN BERASPAL. PENGARUH PENAMBAHAN PLASTIK LDPE ( LOW DENSITY POLY ETHILEN ) CARA BASAH DAN CARA KERING TERHADAP KINERJA CAMPURAN BERASPAL. . pp. 1-17.

[img]
Preview
PDF - Published Version
79Kb

Abstract

Untuk menaikkan mutu campuran beraspal, salah satunya dengan menambahkan plastik yang dalam istilah kimianya disebut polimer. Umumnya plastik berbentuk pelet sehingga untuk mencampur dengan aspal diperlukan tambahan alat. Peralatan ini tidak selalu tersedia disetiap kota atau Unit Pencampur Aspal. Oleh karena itu perlu dicari solusinya yaitu bagaimana menambahkan polimer tanpa tambahan peralatan. Penambahan polimer untuk menaikkan mutu campuran beraspal ada dua cara, yaitu cara basah (wet process) dimana plastik ditambahkan kedalam aspal panas dan dicampur hingga homogen dan cara kering dimana plastik ditambahkan kedalam agregat panas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan pengaruh kedua cara pencampuran plastik mutu rendah jenis LDPE terhadap kinerja campuran beraspal pada kadar aspal optimum, yang sama dengan kadar aspal optimum hasil pengujian Marshall aspal pen 60 sebagai pembanding (balnko), sedangkan kadar plastik adalah 3,5% terhadap berat aspal yang diambil dari hasil pengujian variasi kadar plastik terhadap mutu aspal yang telah dimodifikasi dengan plastik (cara basah). Pada cara kering plastik dengan kadar sama dengan cara basah ditambahkan kedalam agregat panas (pada temperatur campuran) dan diaduk selama 30-45 detik. Dari hasil yang diperoleh di laboratorium menunjukkan cara kering menghasilkan karakteristik Marshall, Stabilitas Dinamis dan Resilien Modulus lebih besar dari aspal pen 60, namun lebih rendah dari cara basah. Dari segi ekonomi cara kering diperkirakan lebih murah karena waktu pencampuran lebih cepat, tidak memerlukan alat pengaduk (mixer) dan lebih mudah di handle dari pada cara basah, Kata kunci : Aspal, cara kering, cara basah, Kadar aspal optimum, polimer, kinerja campuran beraspal

Item Type:Article
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:25076
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:31 Dec 2010 09:13
Last Modified:31 Dec 2010 09:13

Repository Staff Only: item control page