Hubungan antara Pengetahuan Gizi Pasien dan Persepsi Pasien tentang Makanan dengan Sisa Makanan di RSUD Kota Salatiga Jawa Tengah

Sri Budiharti, Sri Budiharti (2009) Hubungan antara Pengetahuan Gizi Pasien dan Persepsi Pasien tentang Makanan dengan Sisa Makanan di RSUD Kota Salatiga Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
114Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

245Kb

Abstract

Latar Belakang : Faktor- faktor yang berhubungan dengan terjadinya sisa makanan selain porsi makanan, rasa makanan, warna makanan, keempukan, suhu makanan dan variasi menu adalah kurangnya pengetahuan gizi. Pengetahuan memegang peranan penting selama pasien dirawat di rumah sakit Tujuan : Mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi dan persepsi pasien tentang makanan dengan sisa makanan di RSUD Kota Salatiga, Jawa Tengah. Metoda : Desain penelitian ini adalah cross-sectional dengan jumlah sampel 32. Sampel adalah gpasien RSUD Kota salatiga. Sampel dipilih dengan random sampling. Data yang dikumpulkan meliputi identitas, umur, jenis kelamin,diagnosa penyakit yang diperoleh dengan wawancara, data pengetahuan gizi dan persepsi tantang makanan dikumpulkan menggunakan kuesioner serat data mengenai sisa makanan menggunakan metoda comstock. Analisis data menggunakan Chie Square Hasil : Jumlah sampel laki-laki pada penelitian ini sebanyak 34,4% dengan umur berkisar antara 19-53 tahun. Jumlah sampel perempuan sebanyak 65,6% dengan umur berkisar antara 18-80 tahun. Sebanyak 81,3% sampel mempunyai pengetahuan gizi yang baik. Persepsi sampel terhadap tekstur makanan yaitu sebanyak 87,5 % menilai bervariasi sedangkan persepsi sampel terhadap bentuk makanan sebanyak 90,6% menilai menarik. Sebagian besar sampel yaitu 96,9 % menilai bahwa porsi makanan sudah sesuai sedangkan persepsi sampel terhadap rasa makanan sebanyak 84,4% menilai enak. Sebanyak 46,9 % sampel mempunyai sisa makanan sedikit dan sebanyak 53,1 % sampel mempunyai sisa makanan yang banyak. Ada hubungan antara pengetahuan gizi sampel dengan sisa makanan yang disajikan. Ada hubungan antara persepsi terhadap makanan dengan sisa makanan yang disajikan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Persepsi Makanan, Pengetahuan Gizi, Sisa Makanan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25054
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2010 15:03
Last Modified:30 Dec 2010 15:03

Repository Staff Only: item control page