Hubungan Pengetahuan, Persepsi Dan Perilaku Tentang Terapi Diet Dengan Asupan Energi dan Protein Pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik Dengan Hemodialisa Rawat Jalan Di RSUP Dr. Kariadi

Siti Hidayatullailiyah, Siti Hidayatullailiyah (2009) Hubungan Pengetahuan, Persepsi Dan Perilaku Tentang Terapi Diet Dengan Asupan Energi dan Protein Pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik Dengan Hemodialisa Rawat Jalan Di RSUP Dr. Kariadi. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
43Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

302Kb

Abstract

Latar Belakang : Masalah utama yang sering timbul pada pasien penyakit ginjal kronik dengan hemodialisa adalah malnutrisi. Malnutrisi dapat dicegah dengan memantau status gizi, asupan energi dan protein, namun pada pasien hemodialisa mengalami asupan energi dan protein rendah yang dipengaruhi oleh faktor seperti pengetahuan, persepsi, perilaku, mual, muntah, anorexia, dan adekuasi diálisis Tujuan : Mengetahui hubungan pengetahuan, persepsi dan perilaku tentang terapi diet dengan asupan energi dan protein. Metode : Desain penelitian ini adalah cross-sectional dengan jumlah sampel 27 yang diambil secara purposive sampling. Pengetahuan, persepsi, dan perilaku diperoleh dari angket. Asupan energi dan protein diperoleh dengan food recall. Analisis data menggunakan rank Spearman, dan korelasi partial. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa rerata usia 46,70 tahun (berkisar antara 26-61 tahun). Kategori pengetahuan baik (11,1%), cukup (74,1%) dan kurang (14,8%). Kategori persepsi positif (40,7%) dan persepsi negatif (59,3%). Kategori perilaku baik (96,3%) dan kurang (3,7%). Asupan energi kurang (63%) dan baik (37%). Asupan protein kurang (66,7%) dan baik (33,3%). Uji Bivariat menunjukan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dan persepsi dengan perilaku terapi diet (p1= 0,039, p2= 0,039). Namun tidak ada hubungan antara perilaku terapi diet dengan asupan energi dan protein (p1= 0,756, p2= 0,513). Simpulan : Semakian baik pengetahuan dan persepsi tentang terapi diet akan semakin baik perilaku penerapan terapi diet dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:pengetahuan, persepsi, perilaku tentang terapi diet, asupan energi dan protein
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25052
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2010 14:51
Last Modified:30 Dec 2010 14:51

Repository Staff Only: item control page