Analisa Lalu-Lintas Kawasan MT. Haryono-Pattimura-Dr.Cipto-Brigjen Katamso Semarang

WIJI NUGROHO, ADI and HERMAWAN, YULIANTO (2010) Analisa Lalu-Lintas Kawasan MT. Haryono-Pattimura-Dr.Cipto-Brigjen Katamso Semarang. Undergraduate thesis, Jurusan Teknik Sipil.

[img]
Preview
PDF - Published Version
721Kb

Abstract

Semarang sebagai ibukota propinsi di Jawa Tengah mempunyai banyak potensi yang bisa dikembangkan. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi, maka terjadi peningkatan kebutuhan sarana dan prasarana yang lebih baik. Salah satu prasarana yang perlu ditingkatkan adalah jalan raya. Berdasarkan UU no. 38 Tahun 2004, jalan didefinisikan sebagai prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkapnya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, diatas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan air serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori dan jalan kabel. Jalan sebagai prasarana perangkutan diharapkan dapat menampung semua jenis kendaraan dan memberikan pelayanan yang nyaman dan baik bagi semua kendaraan yang melintas diatasnya. Jalan Brigjen Katamso merupakan jalan arteri primer, yaitu sebagai jalan penghubung dari luar kota ke pusat kota. Jalan MT. Haryono dan Jalan Dr. Cipto merupakan jalan arteri sekunder, sedangkan Jalan Pattimura merupakan jalan lokal primer. Keadaan di Jl. MT. Haryono, Jl. Pattimura, Jl. Dr. Cipto dan Jl. Brigjen Katamso pada saat ini sangat padat waktu pagi, siang dan sore hari dikarenakan adanya pusat pertokoan, perkantoran dan sekolah. Dengan berkembangnya Kota Semarang saat ini, maka efisiensi waktu dan kinerja jalan sangat berperan penting dalam pembangunan Kota Semarang. Jl. MT. Haryono merupakan jalan satu arah yaitu dari arah selatan (Jl. Brigjen Katamso) ke arah utara (Jl. Pattimura). Sepanjang Jl. MT. Haryono merupakan kawasan pusat pertokoan dan perkantoran yang di pinggir-pinggir jalan tersebut digunakan sebagai lahan parkir kendaraan. Pada jam-jam tertentu jalan ini sering terjadi kemacetan lalu lintas misalnya di depan TK dan SD Karangturi dan di Gereja Pantekosta. Ini disebabkan banyak kendaraan yang keluar masuk dan berhenti di kawasan tersebut. Jl. Dr. Cipto juga merupakan jalan searah yaitu dari arah utara (Jl. Pattimura) ke arah selatan (JL. Brigjen Katamso). Di sepanjang ruas jalan ini, arus lalu-lintas relatif lebih lancar walaupun ada sedikit kepadatan lalu-lintas pada jam-jam tertentu misalnya di depan SD Xaverius, SMKN 1 Semarang, SMU Purnama 1 Semarang, SMKN 5 Semarang dan di kawasan IKIP PGRI Semarang. Di daerah tersebut pada jam-jam tertentu banyak kendaraan umum maupun pribadi yang berhenti sementara sehingga ruang jalan menjadi lebih sempit yang menjadikan timbulnya kemacetan lalu lintas. Dalam Peraturan Daerah Kota Semarang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Rencana Detail Tata Ruang Kota (RDTRK) Kotamadya Daerah Tingkat II Semarang Bagian Wilayah Kota I (BWK 1) yang mencakup Kecamatan Semarang Tengah, Semarang Timur dan Semarang Selatan bahwa di kawasan Jl. MT. Haryono, Jl. Pattimura, Jl. Dr. Cipto dan Jl. Brigjen Katamso merupakan daerah permukiman, perkantoran, dan perdagangan-jasa. Di kawasan tersebut, kebutuhan transportasi adalah sebuah konsekuensi atau hal yang harus dihadapi. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan lalu-lintas di kawasan tersebut yang berimplikasi terhadap timbulnya permasalahan-permasalahan lalu-lintas seperti perparkiran, kemacetan, kelambatan, kecelakaan, dan gangguan lalu lintas lainnya yang pada akhirnya akan menyebabkan kerugian waktu dan biaya. Untuk mengurangi masalah tersebut, peningkatan kinerja ruas jalan dan penataan lalu lintas merupakan salah satu alternatif dari sekian banyak alternatif yang dapat dilakukan. Sehingga diharapkan kawasan Jalan MT. Haryono, Jalan Pattimura, Jalan Dr. Cipto dan Jalan Brigjen Katamso mampu memberikan pelayanan lalu lintas sesuai fungsi wilayah dan perkembangan yang ada.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:25051
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2010 13:36
Last Modified:30 Dec 2010 14:34

Repository Staff Only: item control page