Evaluasi Rancangan Jalan Tol Kanci - Pejagan

JAJA, Mr and RAHMANTO, ROMADHANI (2010) Evaluasi Rancangan Jalan Tol Kanci - Pejagan. Undergraduate thesis, Jurusan Sipil Fakultas Teknik Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
163Kb

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan pembangunan nasional yakni menciptakan masyarakat adil dan makmur yang merata baik material maupun spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, pemerintah melaksanakan kebijakan pembangunan disegala bidang secara menyeluruh, termasuk didalamnya pembangunan dalam bidang infrastruktur prasarana transportasi. Transportasi merupakan hal yang sangat penting dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin padat dan perkembangan masyarakat yang semakin maju, maka pergerakan barang dan jasa juga akan meningkat yang kemudian harus diimbangi dengan peningkatan sarana dan prasarana transportasi, diantaranya penambahan jaringan jalan dan pengaturan lalu lintas. Penambahan jaringan jalan dan pengaturan lalu lintas ini sangat diperlukan terutama disepanjang jalur Pantura yang merupakan jalur lalu lintas yang sangat penting di Pulau Jawa. Penambahan jaringan jalan tersebut sangat perlu dilaksanakan mengingat volume lalu lintas yang melewati jalur Pantura semakin hari semakin padat apalagi pada saat memasuki hari libur panjang seperti momen lebaran, natal dan tahun baru, sementara kapasitas dan kemampuan jalan untuk melayani lalu lintas kendaraan yang melewati ruas jalan tersebut tidak bertambah. Hal tersebut di atas yang sering menyebabkan jaringan jalan di daerah Pantura mengalami kerusakan yang sangat parah, disamping itu kualitas dan kondisi struktur jalan yang kurang memadai untuk menahan beban lalu lintas yang sangat besar. Berdasarkan hal tersebut maka sudah selayaknya untuk segera dilaksanakan penambahan jaringan jalan disepanjang jalur Pantura yang berkualitas tinggi dan mempunyai umur rencana yang melebihi umur rencana dari struktur perkerasan jalan yang konvensional ( Fleksibel Pavement ataupun Rigid Pavement ). Pembangunan jaringan jalan baru sangat mendesak bagi kelancaran transportasi darat terutama di wilayah Pantura, sehingga di ruas sepanjang antara Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cirebon ( Kanci-Pejagan ) dibangun jalan tol yang mudah dan efektif dalam metode pelaksanaan konstruksinya yaitu dengan sistem Prestressed Precast Concrete Pavement. Proyek ini mempunyai panjang total 35 km, dengan waktu pelaksanaan dimulai pada Juni 2008 dan ditargetkan berakhir pada Juli 2009 atau kurang lebih selama 14 bulan. Metode yang digunakan adalah Post Tension Prestressed Concrete, dengan pertimbangan antara lain untuk mempercepat waktu pelaksanaan proyek agar bisa dioperasikan sebelum masa lebaran 2009. Pencetakan Precast dilakukan ditempat lain ( Batching Plant ), sehingga memudahkan metode konstruksinya. Alasan lainnya adalah bisa melaksanakan pekerjaan konstruksi yang lain ( Job Overlapping ), sambil menunggu proses pembuatan/pencetakan beton prategang selesai sampai beton tersebut jadi ( siap pakai ). Sehingga hal ini bisa berpengaruh positif terhadap kemajuan pekerjaan secara keseluruhan yang pada akhirnya proyek tersebut dapat selesai sesuai jadwal yang telah direncanakan. Jalan tol Kanci-Pejagan ini merupakan bagian dari proyek pembangunan jalan tol Trans Java yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dengan adanya pembangunan jalan tol Kanci-Pejagan yang dilaksanakan oleh investor ini diharapkan dapat mengantisipasi serta mengurai kemacetan di jalur Pantura yang kondisi jalannya sudah sangat padat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:25048
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2010 13:20
Last Modified:30 Dec 2010 14:39

Repository Staff Only: item control page