Pengaruh Pemberian Lesitin Tempe terhadap Kadar Kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL) Tikus Wistar Hiperkolesterolemik”

Tuyet Masyardiyuana G.F., Tuyet Masyardiyuana G.F. (2009) Pengaruh Pemberian Lesitin Tempe terhadap Kadar Kolesterol Low-Density Lipoprotein (LDL) dan High-Density Lipoprotein (HDL) Tikus Wistar Hiperkolesterolemik”. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
248Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

634Kb

Abstract

Latar belakang: Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian utama. Kolesterol LDL paling signifikan meningkatkan risiko penyakit jantung, sedangkan kolesterol HDL dapat mengurangi timbunan plak dalam arteri jantung sehinga mengurangi risiko penyakit jantung. Lesitin kedelai, seperti dalam tempe mempunyai peranan dalam penurunan kolesterol LDL dan peningkatan kolesterol HDL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian lesitin tempe terhadap kadar kolesterol LDL dan HDL tikus percobaan. Metode: Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental, rancangan pretes-postes dengan kelompok kontrol. Sampel adalah tikus galur wistar. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 32 ekor. Sampel dengan diberi sonde kristal kolesterol dan minyak babi sehingga menjadi hiperkolesterolemia. Perlakuan utama adalah pemberian ekstrak lesitin dosis 45mg/1,5ml pada kelompok 1, dosis 90mg/3ml pada kelompok 2, dosis 135mg/4,5ml pada kelompok 3, dan kelompok 4 menjadi kontrol diberi aquadest 3 ml. Analisa data dimulai secara deskriptif dan uji normalitas Saphiro Wilk, dilanjutkan dengan uji anacova derajat kemaknaan 95%. Hasil: Kadar lesitin tempe 1,61% sedangkan ekstrak tempe adalah 5,04%. Rerata kadar kolesterol HDL tikus setelah pemberian sonde kristal kolesterol dan minyak babi mengalami penurunan. Rerata Kadar kolesterol HDL setelah perlakuan utama menunjukkan peningkatan pada kelompok 1 dan kelompok kontrol. Kelompok 2 dan 3 menunjukkan penurunan rerata kadar kolesterol HDL. Rerata kadar kolesterol LDL setelah pemberian sonde kristal kolesterol dan minyak babi dan perlakuan utama mengalami peningkatan. Hasil analisis statistik pemberian ekstrak lesitin terhadap kadar kolesterol HDL dan LDL setelah dikontrol kadar kolesterol HDL dan LDL sebelum perlakuan utama ialah p = 0,19 dan p = 0,81. Kesimpulan: Tidak ada pengaruh pemberian ekstrak lesitin tempe terhadap kadar kolesterol kadar HDL dan LDL setelah dikontrol kadar kolesterol HDL dan LDL sebelum perlakuan utama.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Ekstrak lesitin tempe, LDL, HDL
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25044
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2010 12:49
Last Modified:30 Dec 2010 12:49

Repository Staff Only: item control page