Hubungan antara Persentase Lemak Tubuh, Lingkar Pinggang, Kolesterol Total Darah, dan Trigliserida Darah dengan Tekanan Darah (Studi pada Pegawai Negeri Sipil SMA 8 Semarang)

Punto Darmastomo , Punto Darmastomo and Wirawanni, Yekti (2009) Hubungan antara Persentase Lemak Tubuh, Lingkar Pinggang, Kolesterol Total Darah, dan Trigliserida Darah dengan Tekanan Darah (Studi pada Pegawai Negeri Sipil SMA 8 Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
85Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

149Kb

Abstract

Latar Belakang: Obesitas dan dislipidemia merupakan faktor risiko yang berhubungan dengan peningkatan tekanan darah dan hipertensi. Indikator obesitas yang dikaitkan dengan hipertensi adalah persentase lemak tubuh dan lingkar pinggang. Profil lipid darah yang berhubungan dengan hipertensi adalah kolesterol total dan trigliserid. Penelitian mengenai persentase lemak tubuh, lingkar pinggang, kolesterol total dalam darah, dan trigliserid darah dengan tekanan darah belum banyak dilakukan di Indonesia, khususnya dengan sampel PNS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan persentase lemak tubuh, lingkar pinggang, kolesterol total dalam darah, dan trigliserid darah dengan tekanan darah. Metode: Subyek dari penelitian cross sectional ini terdiri dari 38 orang PNS SMAN 8 Semarang, yang ditentukan dengan cara simple random sampling. Data yang dikumpulkan adalah persentase lemak tubuh, lingkar pinggang, kolesterol total dalam darah, trigliserid darah dan tekanan darah sistolik dan diastolik. Pearson Product moment dan rank Spearman digunakan untuk menganalisis hubungan antar variabel dengan α = 0,05. Hasil: Sebagian besar subyek (76,31%) memiliki presentase lemak tubuh lebih dari normal. 60,5% subyek memiliki nilai lingkar pinggang yang tergolong obesitas. Kolesterol total 31,6% subyek melebihi batas normal. Trigliserida darah 28,95% subyek lebih tinggi dari nilai normal. Tekanan darah sistolik sebagian besar subyek (73,68%) termasuk kategori normal. Tekanan darah diastolik sebagian besar subyek (63,16%) termasuk kategori normal. Uji korelasi bivariat diperoleh hasil tidak ada hubungan antara persentase lemak tubuh, lingkar pinggang, kolesterol total darah dengan tekanan darah sistolik dan diastolik. Ada hubungan antara trigliserid darah dengan tekanan darah sistolik (r = 0,385 ; p = 0,017) dan diastolik (r = 0,359 ; p = 0,027). Simpulan: Persentase lemak tubuh, lingkar pinggang, dan kolesterol total darah tidak berhubungan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik, sedangkan trigliserid darah berhubungan dengan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:hipertensi, persentase lemak tubuh, lingkar pinggang, kolesterol total darah, trigliserid darah
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25028
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:30 Dec 2010 10:28
Last Modified:14 Aug 2012 10:57

Repository Staff Only: item control page