Perencanaan Teknis dan Kajian Sistem Pengendalian Proyek dengan Metode Earned Value pada Bendung Susukan Kabupaten Magelang

Dimas P.B , Didip and Widyastuti W.S , Reni (2010) Perencanaan Teknis dan Kajian Sistem Pengendalian Proyek dengan Metode Earned Value pada Bendung Susukan Kabupaten Magelang. Undergraduate thesis, Department of Civil Engineering.

[img]
Preview
PDF - Published Version
5Mb

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci : perencanaan teknis bendung, metode earned value Dalam tahapan proyek dimulai dari perencanaan teknis sampai pada pelaksanaan pembangunan bendung ini, diperlukan suatu manajemen konstruksi yang mempengaruhi kualitas dan kuantitas proyek. Penerapan manajemen konstruksi baik perkiraan jadwal maupun biaya sangat bermanfaat, karena dapat memberikan peringatan dini mengenai hal-hal yang mungkin akan terjadi pada masa yang akan datang. Dan salah satu cara pengendalian biaya dan waktu adalah analisa nilai hasil (earned value analysis) yang dapat mengintegrasikan biaya dan waktu secara tepat. Tujuan penulisan skripsi ini adalah melakukan studi tentang perencanaan teknis proyek dan memberikan gambaran mengenai sistem pengendalian waktu dan biaya dengan metode earned value pada proyek Rehabilitasi Bendung Susukan, Kabupaten Magelang. Dalam perencanaan teknis bendung diperlukan data-data curah hujan, peta topografi dan luas daerah irigasi untuk menentukan daerah aliran sungai, pendimensian bendung dan rencana anggaran biaya pekerjaan. Untuk melakukan studi tentang metode earned value pada penulisan ini, dilakukan dua kali evaluasi, yaitu pada minggu ke-5 dan ke-9 untuk dilakukan perbandingan. Evaluasi tersebut mencakup berapa besar pengeluaran biaya dan prestasi kemajuan proyek. Dari hasil penelitian didapatkan, bendung direncanakan dengan pintu intake sebelah kanan dengan kebutuhan air 4,1 m3 /dtk, tinggi bendung 4,3 m dengan tipe mercu bulat dan tanpa kolam olak, lebar bendung 15 meter. Anggaran biaya konstruksi bendung Susukan direncanakan sebesar Rp. 248.416.971,00. Menurut hasil evaluasi pada pekerjaan bendung, waktu perkiraan selesai proyek pada evaluasi I lebih lama (195 hari) daripada waktu rencana proyek (105 hari). Dan berbeda dengan evaluasi II (minggu ke- 9), perkiraan waktu penyelesaian proyek akan lebih cepat (104 hari) daripada waktu rencana pelaksanaan proyek (105 hari). Untuk perkiraan biaya pada selesainya proyek, kedua evaluasi menunjukkan nilai yang lebih kecil daripada rencana anggaran biaya awal, evaluasi I sebesar Rp. 227.874.085,50 dan evaluasi II sebesar Rp. 246.172.893,50.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions:Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
ID Code:25022
Deposited By:Mr Adi Widayat
Deposited On:30 Dec 2010 10:00
Last Modified:31 Dec 2010 11:01

Repository Staff Only: item control page