Hubungan Antara Asupan Karbohidrat, Lemak Total Dengan Kadar Glukosa Darah Puasa Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Poliklinik Penyakit Dalam RS. Bhayangkara Sartika Asih Bandung

Teti Sri Heryati , Teti Sri Heryati (2009) Hubungan Antara Asupan Karbohidrat, Lemak Total Dengan Kadar Glukosa Darah Puasa Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Poliklinik Penyakit Dalam RS. Bhayangkara Sartika Asih Bandung. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

225Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
24Kb

Abstract

Latar Belakang : Asupan karbohidrat dan lemak total yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit diabetes mellitus. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan kemampuan sel beta pankreas sehingga berkurangnya sensitivitas insulin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara asupan karbohidrat, lemak total dengan kadar glukosa darah puasa pada pasien DM tipe 2. Metoda : Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional yang dilakukan di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung dengan metode purposive sampling dan jumlah sampel 35 orang terdiri dari 20 sampel perempuan dan 15 sampel laki-laki. Data meliputi identitas sampel, asupan karbohidrat dan asupan lemak total menggunakan metode semi quantitative food frequency questionnaire (SQFFQ), dan hasil pemeriksaan kadar glukosa darah puasa. Analisis yang digunakan adalah Shapiro-wilk dan korelasi rank Spearman. Hasil : Sebagian besar sampel adalah perempuan (54,3%) dengan rerata usia sampel 45,8±8,99 tahun. Rerata asupan karbohidrat sampel 187,8±48,99 gr/hr dengan asupan tertinggi adalah 357,2 gr/hr dan asupan terendah adalah 103,3 gr/hr. Rerata asupan lemak total sampel 38,5±5,97 gr/hr dengan asupan tertinggi adalah 50,7 gr/hr dan asupan terendah adalah 18,9 gr/hr. Rerata kadar glukosa darah puasa sampel yaitu 128,5±46,34 mg/dl. Hasil uji korelasi antara asupan karbohidrat, asupan lemak total : Asupan karbohidrat (r = 0,77 ; p = 0,000), asupan lemak total (r = 0,80 ; p = 0,000). Simpulan : Ada hubungan antara asupan karbohidrat, asupan lemak total dengan kadar glukosa darah puasa.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Asupan karbohidrat, Asupan Lemak Total, Kadar Glukosa Darah Puasa, Diabetes Melitus Tipe 2.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:25001
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Dec 2010 15:18
Last Modified:28 Dec 2010 15:18

Repository Staff Only: item control page