Pengaruh Pemberian Jus Belimbing Demak (Averrhoe Carambola L) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik Pada Penderita Hipertensi

Heri Sulistiyono , Heri Sulistiyono (2009) Pengaruh Pemberian Jus Belimbing Demak (Averrhoe Carambola L) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik Pada Penderita Hipertensi. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
96Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

186Kb

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi merupakan faktor risiko utama penyakit kardiovaskuler yang merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Hipertensi berkaitan dengan pola makan yang tinggi natrium dan rendah kalium. Buah belimbing demak merupakan makanan yang tinggi kalium yang mempunyai efek negatif terhadap tekanan darah tinggi. Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian jus buah belimbing Demak (Averrhoe Carambola L) terhadap penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi. Metode: Penelitian ini menggunakan desain randomized control trial (RCT) pada 2 kelompok. Kelompok pertama yaitu perlakuan dengan jus belimbing sebanyak 500 ml yang berasal dari 280 gram buah belimbing Demak (Averrhoe Carambola L) yang mengandung kalium sebanyak 425 mg, kalsium 11 mg dan magnesium 2,8 mg selama 7 hari dan kelompok kedua yaitu kelompok kontrol dengan pemberian sirup rasa belimbing. Jumlah subjek dalam penelitian ini 34 orang. Subjek mempunyai tekanan darah sistolik 140-160 mmHg dan atau diastolik 90-100 mmHg. Asupan natrium, kalium, kalsium dan magnesium selama penelitian diamati dengan menggunakan metode food recall 2 x 24 jam. Analisis statistik yang digunakan adalah Kolmogorov-Smirnov, dan chi-square. Hasil: Terdapat 17 subjek (100%) mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan 16 subjek (94,1%) mengalami penurunan tekanan darah diastolik pada kelompok perlakuan dengan jus belimbing Demak. Simpulan : Pemberian jus belimbing Demak (Averrhoe Carambola L) berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah sistolikdan diastolik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:hipertensi, belimbing Demak
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24999
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Dec 2010 14:59
Last Modified:28 Dec 2010 14:59

Repository Staff Only: item control page