Hubungan Rasio Asupan Natrium:Kalium Dengan Kejadian Hipertensi Pada Wanita Usia 25-45 Tahun Di Komplek Perhubungan Surabaya

Citra Hendrayani, Citra Hendrayani (2009) Hubungan Rasio Asupan Natrium:Kalium Dengan Kejadian Hipertensi Pada Wanita Usia 25-45 Tahun Di Komplek Perhubungan Surabaya. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
56Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
634Kb

Abstract

Latar Belakang : Hipertensi adalah peningkatan tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan tekanan darah diastolik ≥90 mmHg. Tekanan darah diastolik relatif stabil dibandingkan dengan tekanan darah sistolik. Salah satu faktor penyebab hipertensi adalah tingginya asupan natrium dan rendahnya asupan kalium. Rasio Na:K yang dianjurkan adalah 1:1 Tujuan : Mengetahui hubungan rasio asupan natrium:kalium dengan hipertensi berdasarkan tekanan darah diastolik pada wanita usia 25-45 tahun di Komplek Perhubungan Surabaya. Metode : Rancangan penelitian ini adalah Cross Sectional dengan jumlah sampel 40 orang wanita yang berusia 25-45 tahun di Komplek Perhubungan Surabaya pada bulan november-desember 2008, yang diperoleh dengan Simple Random Sampling. Rasio asupan natrium:kalium diperoleh dengan membandingkan antara asupan natrium dan kalium yang diperoleh dengan wawancara menggunakan Semi Quantitative Food Frequency Questionaire. Hipertensi menggunakan parameter tekanan darah diastolik yang diukur dengan menggunakan sphymomanometer air raksa. Analisis bivariat dilakukan dengan Uji Rank-Spearman. Hasil : 76,5% subyek memiliki rasio asupan Na:K kurang baik. Diperoleh nilai p=0,039 dan r=0,328 yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara rasio asupan natrium:kalium dengan hipertensi dan arah korelasi positif yaitu apabila rasio asupan natrium:kalium meningkat, maka kejadian hipertensi juga meningkat. Saran : Mengurangi konsumsi makanan tinggi natrium, meningkatkan konsumsi makanan tinggi kalium dan kalsium. Pada penelitian selanjutnya diharapkan ada penelitian sejenis dengan menggunakan faktor lain yang mempengaruhi hipertensi seperti keturunan, menopause, aktifitas fisik, etnis, stress, penggunaan MSG, serta jenis penyakit ginjal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Hipertensi, Rasio Natrium:Kalium, Natrium, Kalium
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24994
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:28 Dec 2010 14:33
Last Modified:30 Aug 2016 13:49

Repository Staff Only: item control page