Peran Humas PT. Jamsostek (Persero) Kanwil V Jawa Tengah & DIY Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program CSR Kemitraan dan Bina Lingkungan

Dresti Kusuma Sari, Dresti Kusuma Sari (2010) Peran Humas PT. Jamsostek (Persero) Kanwil V Jawa Tengah & DIY Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program CSR Kemitraan dan Bina Lingkungan. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
59Kb

Abstract

Saat ini banyak perusahaan yang berlomba–lomba untuk menarik kepercayaan publiknya melalui program CSR sebagai suatu bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat. Namun, permasalahan yang ada saat ini adalah belum meratanya penyaluran bantuan CSR di beberapa perusahaan BUMN, seperti yang terjadi di Kab. Bandung Barat yang berdampak terhadap tidak meratanya pembangunan dan pemberdayaan ekonomi. Melihat permasalahan tersebut, seorang humas perusahaan harus mampu menjalankan perannya dalam program CSR secara maksimal, agar dapat membangun citra perusahaan menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengenai peran Humas PT. Jamsostek (Persero) Kanwil V Jawa Tengah & DIY melalui program CSR Kemitraan dan Bina Lingkungan untuk membangun citra perusahaan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, dengan narasumber Kepala Bagian Pengendalian Program Khusus PKB/KBL PT. Jamsostek (Persero) Kanwil V Jawa Tengah & DIY, Humas PT. Jamsostek (Persero) Kanwil V Jawa Tengah & DIY dan 5 orang penerima bantuan program CSR Kemitraan dan Bina Lingkungan dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara. Dalam menganalisa hasil penelitian, penulis merelevansikannya dengan teori komunikasi yang berkembang saat ini yaitu pelaksanaan program CSR, saling mengenal, keberlanjutan hubungan, tanggapan atau respon masyarakat penerima bantuan program CSR Kemitraan dan Bina Lingkungan untuk membangun citra perusahan. Melalui penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa peran humas dalam membangun citra perusahaan melalui program CSR Kemitraan dan Bina Lingkungan sudah berjalan dengan baik sesuai fungsi dan tugasnya. Selain itu, bantuan yang diberikan juga sudah bermanfaat dan tepat sasaran. Hal ini dibuktikan dengan adanya respon yang positif dari beberapa responden yang menerima bantuan serta tidak adanya keluhan tentang pemberian bantuan melalui program CSR KBL ini. Key words : PT. Jamsostek; CSR; Kemitraan dan Bina Lingkungan (KBL)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24968
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:23 Dec 2010 15:23
Last Modified:23 Dec 2010 15:23

Repository Staff Only: item control page