RIRIS RUKMA NISITA, RIRIS RUKMA NISITA (2010) Kegiatan Corporate Social Responsibilty PT. Sido Muncul Melalui Program Mudik Gratis Bersama Sido Muncul. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 60Kb |
Abstract
Perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan yang sudah cukup lama berdiri, PT. Sido Muncul harus bisa mempertahankan citra dan eksistensi produknya ditengah masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan PT. Sido Muncul adalah melalui kegiatan CSR. CSR menurut Netufe (2001:9) yang mengutip definisi dari WBCSD (World Bisnis Council for Suitanable Development) adalah “komitmen berkelanjutan kalangan bisnis untuk berperilaku etis dan memberikan sumbangan pada pembangunan ekonomi sekaligus memperbaiki mutu hidup angkatan kerja dan keluarganya serta komunitas lokal dan masyarakat secara keseluruhan”(Iriantara,2007:49). Salah satu kegiatan CSR PT. Sido Muncul adalah program Mudik Gratis Bersama Sido Muncul yang telah dilaksanakan sejak tahun 1991hingga 2010. Kegiatan tersebut termasuk CSR karena kegiatan ini mampu membantu mengatasi masalah mudik yang dihadapi masyarakat khususnya pedagang jamu memperbaiki mutu hidup mereka. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses kegiatan CSR PT. Sido Muncul melalui program Mudik Gratis bersama Sido Muncul. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan temuan penelitian, Kegiatan ini dikategorikan sebagai CSR dalam bentuk Charity dan Sponsorship. Kegiatan ini berdasarkan 4 tahapan proses PR. PT. Sido Muncul melakukan semua tahapan proses kegiatan PR tersebut. Tahap pertama fact finding, disini diketahui latar belakang kegiatan ini dilaksanakan yaitu karena adanya keinginan perusahaan untuk memberikan ucapan terimakasih kepada masyarakat khususnya pedagang jamu yang secara tidak langsung telah membantu memasarkan produk Sido Muncul. Tahap kedua adalah perencanaan disini PT. Sido Muncul melakukan hampir semua tahap perencanaan yaitu menentukan tujuan, identifikasi khalayak, pesan, skala waktu serta sumber daya, tapi sayangnya PT. Sido Muncul tidak menetapkan strategi dan taktik. Tahap ketiga adalah pelaksanaan disini PT. Sido Muncul melakukan sosialisasi kegiatan, menentukan lokasi, menentukan penanggung jawab program dan melakukan pelaksanaan sesuai dengan prosedur pelaksanaan sebagai patokan. Dan tahap terakhir adalah evaluasi disini PT. Sido Muncul mencatat kendala dalam pelaksanaan, melihat apakah tujuan telah tercapai, mengetahui dampak kegiatan dan mengetahui tanggapan serta opini publik terhadap kegiatan ini. Kegiatan tersebut secara signifikan dapat meningkatkan omset sebesar 800% dalam 5 tahun terakhir. Bahkan kegiatan ini mampu menjadi pioner bagi perusahaan lain. Pelaksanaan dalam 20 tahun telah mengantarkan lebih dari 30.000 pedagang jamu dan asongan ke 7 kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah sebaiknya untuk kedepannya PT. Sido Muncul bisa menambah kota tujuan misalnya ke kota di Provinsi Jawa Timur sehingga kegiatan ini dapat dirasakan masyarakat secara lebih merata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations |
ID Code: | 24965 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 23 Dec 2010 14:57 |
Last Modified: | 23 Dec 2010 14:57 |
Repository Staff Only: item control page