Strategi Humas Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah Dalam Mensukseskan Perhutani Hijau 2010 Melalui Program PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat)

Ririen Wulan Puspitasari, Ririen Wulan Puspitasari (2010) Strategi Humas Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah Dalam Mensukseskan Perhutani Hijau 2010 Melalui Program PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
69Kb

Abstract

Tingkat kepedulian masyarakat terhadap pentingnya penghijauanpun masih rendah, bahkan banyak yang tidak peduli akan arti pentingnya penghijauan. Maka Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggungjawab dalam kehutanan wilayah Jawa Tengah membuat suatu program yang tujuannya mengembalikan fungsi hutan. Program ini adalah Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Humas Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah dalam Mensukseskan Perhutani Hijau 2010 Melalui Program PHBM (Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat). Penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan interview guide sebagai alat pengumpulan data dan metode wawancara sebagai tekhnik pengumpulan data. Narasumber dari penelitian ini yaitu Kepala Seksi Humas, Dadang Ishardianto, perwakilan masyarakat tinggal di sekitar hutan Penggaron, ketua LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) dan salah satu stakeholders yaitu Pargiono sebagai pemasok pupuk yang mendukung program PHBM. Pada tahap Fact Finding Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah mendapatkan hasil berupa data dan fakta mengenai kondisi kerusakan hutan di wilayah Jawa Tengah sebesar 3,2 juta ha dengan target sasaran adalah Masyarakat desa hutan yang memiliki tingkat pendidikan yang masih rendah dan penghasilan yang kecil, setelah mendapatkan data dan fakta Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah melakukan tahap planning and programming dimana Perhutani akan melaksanakan kegiatan komunikasi kepada target sasaran mengenai kebijakan program PHBM dengan beberapa kegiatan yang kemudian Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah mengimplementasikan rancangan tersebut pada tahap communicating yang meliputi penyuluhan langsung, mengadakan pelatihan-pelatihan wirausaha, mengadakan dialog interaktif di radio RRI, membuat media outdoor seperti spanduk dan baliho, adanya mandor pedamping, membuat pusat informasi dan komunikasi PHBM, mengaktifkan pola FGD (Foccus Group Discussion = Diskusi Kelompok Terarah) dan special event. Setelah semua sudah dilakukan, selanjutnya Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah melakukan tahap evaluation, disini Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah mendapatkan hasil akhir bahwa kegiatan komunikasi mengenai program PHBM belum sepenuhnya berhasil, baru 70%-80% saja, namun respon dari masyarakat desa hutan sangat baik sekali. Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan adalah dengan meningkatkan kegiatan komunikasi dan memaksimalkan pemanfaat media, khususnya media outdoor maupun media elektronik, mengefektifkan kegiatan komunikasi tersebut dengan mengemas bentuk kegiatan yang unik dan mudah untuk dilaksanakan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24963
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:23 Dec 2010 14:50
Last Modified:23 Dec 2010 14:50

Repository Staff Only: item control page