Strategi Public Relations Hotel Nirwana Pekalongan Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan

Puruhita Warih Dewanti , Puruhita Warih Dewanti (2010) Strategi Public Relations Hotel Nirwana Pekalongan Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
83Kb

Abstract

Hotel Nirwana Pekalongan adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan telah mendapatkan pengakuan dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia sebagai hotel berbintang tiga. Secara keseluruhan hotel Nirwana memiliki fasilitas-fasilitas dan kemampuan yang baik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya, meskipun harus bersaing dengan hotel Gren Mandarin yang tergolong hotel baru di kota Pekalongan, serta memiliki fasilitas-fasilitas yang tidak kalah baiknya dibanding hotel Nirwana. Untuk itulah hotel Nirwana memerlukan Public Relations untuk menjalankan strateginya guna mewujudkan tujuan perusahaan dan meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi yang dilakukan oleh Public Relations Hotel Nirwana Pekalongan didalam meningkatkan citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview guide dan wawancara mendalam (indepth interview) dengan narasumber Head of PR Nirwana hotel, PR staff, orang yang sudah pernah menginap dan belum pernah menginap di hotel Nirwana. Hasil penelitian menunjukkan, strategi PR yang digunakan hotel Nirwana adalah strategi komunikasi internal dan eksternal. Strtegi komunikasi internal ini berupa komunikasi vertikal : downward communication yaitu telepon berjaringan, papan pengumuman, dan upward communication yaitu memberikan saran/usul, laporan, gagasan kepada pimpinan, komunikasi horisontal yaitu employee relations, dan komunikasi diagonal yaitu komunikasi personal dan komunikasi kelompok. Sedangkan strategi komunikasi eksternal berupa : guest relations, media promosi, dan marketing communication. Dengan demikian diharapkan strategi komunikasi tersebut dapat meningkatkan citra hotel Nirwana.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24962
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Dec 2010 14:35
Last Modified:23 Dec 2010 14:35

Repository Staff Only: item control page