MANAJEMEN KOMUNIKASI STRATEGIS HUMAS PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMBANGUN REPUTASI SEBAGAI PENYEDIA TRANSPORTASI MASSAL

Nurul Utami Yulianawati, Nurul Utami Yulianawati (2010) MANAJEMEN KOMUNIKASI STRATEGIS HUMAS PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMBANGUN REPUTASI SEBAGAI PENYEDIA TRANSPORTASI MASSAL. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
44Kb

Abstract

PT Kereta Api Indonesia (persero) Daop IV Semarang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa transportasi darat khususnya kereta api. Perusahaan yang sering mendapatkan berbagai masalah mulai dari kecelakaan kereta api, keterlambatan kereta, pelayanan hingga masalah fasilitas yang kurang memadai ini harus segera membenahi semua kekurangan yang ada agar reputasi perusahaan dapat tetap baik. PT Kereta Api Indonesia telah berkomitmen dalam visi dan misi perusahaan yang di dalamnya terdapat 4 (empat) pilar utama yaitu keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan dan kenyamana. Reputasi bagi organisasi adalah asset yang penting dan harus dijaga dengan baik agar menumbuhkan kepercayaan dimata masyarakat. Dari uraian tersebut, peneliti memiliki tujuan untuk mendapatkan gambaran (deskriptif) mengenai manajemen komunikasi strategis humas PT Kereta Api Indonesia dalam membangun reputasi sebagai penyedia moda transportasi massal. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data yang diperoleh berasal dari wawancara mendalam (in depth interview) kepada Kadaop, Kahumasda, Staf humas PT Kereta Api Indonesia (persero) Daop IV Semarang, penumpang dan media massa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas PT Kereta Api Indonesia (persero) Daop IV Semarang dalam melaksanakan kegiatan komunikasi melakukan perencanaan terlebih dahulu yang dimulai dari analisis situasi, objektif, strategi komunikasi, taktik, anggaran, staf, dan evaluasi. PT Kereta Api Indonesia (persero) Daop IV Semarang dalam membangun reputasi adalah dengan menjalin hubungan baik dengan para stakeholder. Bentuk kegiatan komunikasi yang dilakukan meliputi dialog interaktif di TVRI, temu pelanggan yang dilakukan enam bulan sekali, undian Mega Promo, spot iklan, media spanduk dan leaflet, press tour dan konferensi pers. PT Kereta Api Indonesia perlu memperbanyak jenis kegiatan komunikasi yang melibatkan para stakeholder agar perusahaan dapat memperoleh reputasi yang baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24961
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:23 Dec 2010 14:31
Last Modified:23 Dec 2010 14:31

Repository Staff Only: item control page