Era Friski Anggriyani, Era Friski Anggriyani (2010) PERAN DEPARTEMEN MARKETING SUPPORT SEBAGAI PELAKSANA KEGIATAN MARKETING PUBLIC RELATIONS (MPR) DI PT. SINAR SOSRO KANTOR PENJUALAN WILAYAH (KPW) JAKARTA. Undergraduate thesis, Diponegoro University .
| PDF 87Kb |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi adalah PT. Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Jakarta saat ini belum memiliki divisi PR tersendiri, sehingga PT. Sinar Sosro KPW Jakarta menjadikan departemen marketing support sebagai pelaksana kegiatan Marketing Public Relations (MPR) perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran departemen marketing support sebagai pelaksana kegiatan MPR di PT. Sinar Sosro KPW Jakarta dan untuk mengetahui kegiatan-kegiatan MPR yang dilaksanakan oleh departemen marketing support PT. Sinar Sosro KPW Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat dan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan informan yang dianggap relevan dengan penelitian. Selain itu, data juga berasal dari sumber buku, sumber dari arsip, dokumen pribadi dan dokumen resmi. Temuan penelitian menunjukkan, dalam merealisasikan perannya sebagai pelaksana kegiatan MPR, marketing support memaksimalkan seluruh aktivitasnya tidak hanya dalam bidang pemasaran dan menjual produk saja, melainkan juga melaksanakan kegiatan MPR. Kegiatan-kegiatan MPR tersebut dilaksanakan oleh dua divisi yang dimiliki oleh marketing support, yaitu promotion support yang fokus terhadap konsumen dan distribution support yang fokus terhadap outlet jaringan. Peran Departemen Marketing Support PT. Sinar Sosro KPW Jakarta sebagai pelaksana kegiatan MPR sudah cukup efektif karena marketing support telah melaksanakan tujuh cara yang menjadi tolok ukur terlaksananya kegiatan MPR di suatu perusahaan. Kegiatan-kegiatan MPR tersebut direalisasikan melalui publikasi, identitas media, events, berita, pidato, aktivitas pelayanan publik dan sponsorship. Seluruh kegiatan MPR tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta memiliki prosedur yang berbeda-beda. Marketing support selalu melakukan monitoring dan evaluasi di setiap kegiatannya. Tujuannya adalah agar seluruh kinerja tim terkontrol dan kendala-kendala yang terjadi di lapangan bisa segera diantisipasi dan diminimalisir. Key Words : PT. Sinar Sosro; marketing support; marketing public relations
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations |
ID Code: | 24957 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 23 Dec 2010 14:09 |
Last Modified: | 23 Dec 2010 14:09 |
Repository Staff Only: item control page