Hubungan Konsumsi Sayur dan Buah dengan Tekanan Darah Anak Sekolah Dasar. (Penelitian Pada Murid SDIT Bina Amal Semarang)

Indah Rahayuningsih, Indah Rahayuningsih (2010) Hubungan Konsumsi Sayur dan Buah dengan Tekanan Darah Anak Sekolah Dasar. (Penelitian Pada Murid SDIT Bina Amal Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
59Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

390Kb

Abstract

Latar belakang: Tekanan darah tinggi tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga terjadi pada anak. Tekanan darah tinggi pada anak apabila tidak dideteksi dan dikontrol sejak dini, akan menyebabkan terjadinya serangan jantung, stroke, ginjal, dan arteri koroner. Salah satu faktor risiko yang mempengaruhi terjadinya tekanan darah tinggi adalah asupan natrium berlebih. Di sisi lain, konsumsi sayur dan buah yang adekuat berhubungan negatif dengan tekanan darah tinggi, disebabkan dalam sayur dan buah terkandung kalium, magnesium, serat, dan antioksidan (vitamin A, C, E, flavonoid, dan karoten), yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Metode:Desain penelitian ini adalah cross sectional dengan jumlah 47 subjek. Cara pengambilan subjek dengan consecutive sampling. Data asupan diperoleh dengan semi quantitative food frequencies dan food recall 3x24 jam. Nilai tekanan darah sistolik dan diastolik subjek diukur secara langsung dengan menggunakan sphygmomanometer. Hasil :Sebanyak 89,4% subjek dan 57,4% subjek mengkonsumsi sayur dan buah dalam kategori kurang. Subjek dengan tekanan darah tinggi diastolik ada 2,1%, sedangkan tekanan darah sistolik dan diastolik subjek yang bernilai normal tinggi sebanyak 6,4% dan 17%. Simpulan: Nilai r dari uji rank Spearman didapatkan nilai negatif, menunjukkan adanya kecenderungan semakin rendah konsumsi sayur dan buah maka tekanan darah semakin tinggi, secara statistik tidak bermakna.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:tekanan darah, sayur, buah.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24946
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Dec 2010 12:01
Last Modified:23 Dec 2010 12:01

Repository Staff Only: item control page