Faktor Determinan Kesegaran Jasmani pada Remaja Putri di SMA Negeri 2 Semarang

Cheryna Dewi Catur Putri, Cheryna Dewi Catur Putri (2010) Faktor Determinan Kesegaran Jasmani pada Remaja Putri di SMA Negeri 2 Semarang. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
52Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
250Kb

Abstract

Latar belakang: Kesegaran jasmani merupakan indikator kesehatan yang penting untuk remaja karena dapat memprediksi dampak kesehatan dan berhubungan dengan peningkatan derajat kesehatan. Remaja putri memiliki kesegaran jasmani lebih rendah daripada remaja putra. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesegaran jasmani. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor determinan kesegaran jasmani pada remaja putri di SMA Negeri 2 Semarang. Metode: Penelitian analitik dengan desain cross sectional. Sampel dipilih secara simple random sampling dari kelas X dan XI yang memenuhi kriteria inklusi dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 40 remaja putri. Indeks massa tubuh didapat dari persentil IMT menurut The Center for Disease Control and Preventive and The National Center for Health Statistic (CDC-NCHS). Persentase lemak tubuh diukur menggunakan Bioelectrical Impedance Analyzer (BIA). Kadar hemoglobin diukur dengan metode cyanmethaemoglobin. Data aktifitas fisik diperoleh dengan menggunakan kuesioner dairy activity 3x24 jam. Data asupan energi diperoleh dengan semi quantitative food frequencies. Kuesioner digunakan untuk mengetahui kebiasaan olahraga subyek. Kesegaran jasmani diukur dengan metode harvard step test. Analisis data dengan Shapiro Wilk, korelasi Rank Spearman dan regresi linier ganda. Hasil: Sebanyak 27 subyek (67,5%) termasuk dalam kategori kesegaran jasmani kurang. Ada hubungan antara indeks massa tubuh, persentase lemak tubuh dan aktifitas fisik dengan kesegaran jasmani pada remaja putri. Kadar hemoglobin, asupan energi dan kebiasaan olahraga tidak berhubungan dengan kesegaran jasmani pada remaja putri. Persentase lemak tubuh merupakan faktor yang paling berhubungan dengan kesegaran jasmani pada remaja putri (p=0,008; =-0,563). Simpulan: Faktor determinan terhadap kesegaran jasmani pada remaja putri adalah indeks massa tubuh (p=0,008), persentase lemak tubuh (p=0,020) dan aktifitas fisik (p=0,046).

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:remaja putri, indeks massa tubuh, persentase lemak tubuh, kadar hemoglobin, aktifitas fisik, asupan energi, kebiasaan olahraga, kesegaran jasmani
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24939
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Dec 2010 11:16
Last Modified:20 Jun 2014 16:07

Repository Staff Only: item control page