Faktor-Faktor Ibu yang Berhubungan Dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Dini pada Bayi Usia < 6 Bulan

Iin Indriyawati, Iin Indriyawati (2010) Faktor-Faktor Ibu yang Berhubungan Dengan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) Dini pada Bayi Usia < 6 Bulan. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
117Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

203Kb

Abstract

Latar Belakang : ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja tanpa tambahan makanan atau minuman lainnya sejak bayi lahir sampai berusia 6 bulan. Pemberian MP-ASI dini pada bayi dapat menyebabkan gangguan proses menyusui, menurunkan produksi ASI, gangguan sistem pencernaan bayi, alergi, dan obesitas. Pemberian MP-ASI dini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah pengetahuan gizi ibu, sikap ibu, pendidikan ibu, dan status pekerjaan ibu. Tujuan : Mengetahui hubungan status pekerjaan ibu, pendidikan ibu, pengetahuan gizi ibu dan sikap ibu terhadap ASI eksklusif dengan pemberian MP-ASI dini pada bayi usia <6 bulan. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 35 orang yang diambil dengan cara purposive sampling, dimana semua ibu yang memiliki bayi usia <6 bulan yang ada di Desa Depok Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal menjadi sampel. Data diperoleh dari jawaban pada kuesioner. Analisis data dengan menggunakan uji chi – square. Hasil : 65,7% subyek sudah memberikan MP-ASI dini pada bayinya, status pekerjaan subyek adalah bekerja 54,3%, pendidikan ibu 60% tergolong rendah, pengetahuan gizi ibu 60% tergolong kurang, 65,7% memiliki sikap mendukung pemberian ASI eksklusif. Tidak ada hubungan antara status pekerjaan ibu (p= 0,468) dan sikap ibu terhadap pemberian ASI eksklusif 6 bulan (p= 0,149) dengan pemberian MP-ASI dini, ada hubungan antara pendidikan ibu (p= 0,004) dan pengetahuan gizi ibu (p= 0,031) dengan pemberian MP-ASI dini (p= 0,004). Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara status pekerjaan ibu dan sikap ibu terhadap pemberian ASI eksklusif 6 bulan dengan pemberian MP-ASI dini. Ada hubungan antara pendidikan ibu dan pengetahuan gizi ibu dengan pemberian MP-ASI dini.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Status pekerjaan ibu, pendidikan ibu, pengetahuan gizi ibu, sikap ibu, pemberian makanan pendamping ASI dini.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24933
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Dec 2010 09:33
Last Modified:23 Dec 2010 09:33

Repository Staff Only: item control page