Aktivitas Antioksidan dan Daya Hambat Pertumbuhan Escherichia coli Pada Minuman Sinbiotik Kedelai Hitam dengan Berbagai Jumlah Starter Bifidobacterium longum

Apriyanti Susanti, Apriyanti Susanti (2010) Aktivitas Antioksidan dan Daya Hambat Pertumbuhan Escherichia coli Pada Minuman Sinbiotik Kedelai Hitam dengan Berbagai Jumlah Starter Bifidobacterium longum. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
73Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

386Kb

Abstract

Latar Belakang : Tepung kedelai hitam potensial untuk dimanfaatkan sebagai antioksidan karena memiliki isoflavon dan antosianin yang lebih tinggi daripada kedelai kuning. Konsumsi strain probiotik yang mengandung antioksidan pada produk sinbiotik dapat meningkatkan aktivitas antioksidan lebih tinggi dibandingkan dengan konsumsi kapsul probiotik antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah starter Bifidobacterium longum terhadap aktivitas antioksidan dan daya hambat pertumbuhan Escherichia coli pada minuman sinbiotik kedelai hitam. Metode : Merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan acak lengkap. Eksperimen yang dilakukan adalah 4 perlakuan yaitu penggunaan jumlah starter Bifidobacterium longum sebesar 0% (tanpa starter), 5%, 10%, dan 15% pada minuman sinbiotik kedelai hitam. Setiap taraf perlakuan dilakukan 2 kali pengulangan dan setiap pengukuran dilakukan secara duplo. Sebelumnya dilakukan perhitungan total BAL dan dilakukan pengukuran pH. Aktivitas antioksidan dianalisis menggunakan metoda DPPH dan daya hambat pertumbuhan Escherichia coli dianalisa dengan metode difusi agar. Total BAL dihitung menggunakan metode TPC sedangkan pH diukur dengan pHmeter. Untuk melihat pengaruh jumlah starter Bifidobacterium longum terhadap aktivitas antioksidan dan daya hambat pertumbuhan Escherichia coli pada minuman sinbiotik kedelai hitam digunakan uji One Way Anova dengan CI 95%. Kemudian untuk mengetahui kelompok yang berbeda digunakan uji lanjut (Posthoc test). Pengolahan dan analisis data dengan menggunakan program SPSS versi 11.5. Hasil : Jumlah starter Bifidobacterium longum pada minuman sinbiotik kedelai hitam berpengaruh terhadap aktivitas antioksidan dan secara statistik bermakna (p =0.039), sedangkan pada uji lanjut menunjukkan ada perbedaan antara jumlah starter 0% dengan 15% (p= 0.033). Jumlah starter Bifidobacterium longum juga berpengaruh terhadap daya hambat pertumbuhan Escherichia coli dan secara statistik bermakna (p= 0.001). Kesimpulan : Penambahan jumlah starter Bifidobacterium longum sampai dengan 15% pada minuman sinbiotik kedelai hitam dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dan daya hambat pertumbuhan Escherichia coli.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:tepung kedelai hitam, sinbiotik, Bifidobacterium longum, aktivitas antioksidan,daya hambat pertumbuhan Escherichia coli.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24927
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Dec 2010 13:11
Last Modified:22 Dec 2010 13:11

Repository Staff Only: item control page