Hubungan Pengetahuan Ibu, Pendidikan Ibu dan Dukungan Suami dengan Praktek Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kota Semarang

Hanik Utaminingrum, Hanik Utaminingrum (2010) Hubungan Pengetahuan Ibu, Pendidikan Ibu dan Dukungan Suami dengan Praktek Pemberian ASI Eksklusif di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kota Semarang. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
29Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

201Kb

Abstract

Latar Belakang : Pemberian ASI eksklusif sangat dianjurkan untuk dilakukan ibu kepada bayinya agar mendapatkan tingkat kesehatan dan tumbuh kembang yang optimal. Berdasarkan data yang diperoleh dari profil kesehatan Jawa Tengah tahun 2008 menunjukkan cakupan pemberian ASI eksklusif hanya sekitar 28,96%, terjadi sedikit peningkatan bila dibandingkan dengan tahun 2007 yang mencapai 27,35%. Angka ini masih sangat rendah bila dibandingkan dengan target pencapaian ASI eksklusif tahun 2010 sebesar 80%. Dari hasil rekap laporan ASI Eksklusif di seluruh Puskesmas Kota Semarang tahun 2006 jumlah bayi yang mendapatkan ASI Eksklusif yaitu 40,07% dan tahun 2007 turun menjadi 38,44%. Tujuan : Untuk menganalisis hubungan pengetahuan ibu, pendidikan ibu dan dukungan suami dengan praktek pemberian ASI eksklusif. Metode : Jenis penelitian adalah cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu yang mempunyai bayi berumur 6-12 bulan di Kelurahan Muktiharjo Kidul Kota Semarang yang berjumlah 158 orang. Jumlah sampel 62 ibu diambil dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang menggunakan kuesioner. Analisis hubungan antara variabel dengan uji regresi logistik berganda. Hasil : Tidak terbukti adanya hubungan antara tiga variabel yang diteliti (pengetahuan ibu, pendidikan ibu dan dukungan suami) dengan praktek pemberian ASI eksklusif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Praktek pemberian ASI, pengetahuan ibu, pendidikan ibu, dukungan suami.
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24920
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:22 Dec 2010 12:04
Last Modified:22 Dec 2010 12:04

Repository Staff Only: item control page