Majalah Internal Perusahaan PT New Ratna Motor “Nasmoco News” Divisi Content (Isi)

Rossani, Celviana (2010) Majalah Internal Perusahaan PT New Ratna Motor “Nasmoco News” Divisi Content (Isi). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
26Kb

Abstract

Setiap perusahaan harus memperhatikan dan memanfaatkan fungsi komunikasi yang ada mengingat tidak ada satu perusahaanpun yang tidak membutuhkan komunikasi yang baik dengan khalayaknya. Komunikasi yang dibina ini tentunya sangat membutuhkan sarana yang difungsikan sebagai Media Internal Perusahaan. Media Internal disetiap perusahaanpun memiliki karakteristik dan bentuk yang berbeda-beda bagi masing-masing perusahaan, karena dibedakan pula dengan besar kecilnya suatu perusahaan. Karateristik Media Internal Perusahaan yang berbeda itulah yang harus dioptimalkan fungsi dan peranannya sebagai salah satu sarana pembangun kekuatan bagi perusahaan. PT New Ratna Motor merupakan salah satu perusahaan besar di Jateng dan DIY yang bergerak dibidang otomotif dan melalui jaringannya Nasmoco Group sampai saat ini telah memiliki 15 cabang/dealer di hampir seluruh kota-kota besar di wilayah Jateng dan DIY. Pada PT New Ratna Motor terdapat Media Internal Perusahaan dalam bentuk Newsletter yang bernama “Berita Nasmoco” (Bernas). Newsletter Bernas ini terbit bulanan dengan isi yang cukup bervariasi. Media Internal perusahaan merupakan alat utama komunikasi karyawan serta untuk merespon setting dan organisasional tertentu, dengan sifatnya yang bersifat permanen, bisa menjadi referensi dan berpengaruh besar terhadap terjalinnya komunikasi yang harmonis antar karyawan. Penggunaan newsletter oleh PT New Ratna Motor dari tahun ke tahun dirasa monoton dan belum maksimal mencapai sasaran pembacanya. Dari masalah tersebut maka dibuat Media Internal Perusahaan dalam bentuk majalah yang bernama “Nasmoco News” yang bertujuan sebagai media komunikasi antar karyawan PT New Ratna Motor dalam memberikan informasi dan hiburan serta sebagai sarana untuk memberikan motivasi kerja bagi karyawan. Konsep media Internal dalam bentuk majalah yang akan dibuat lebih bersifat modern dan tidak terlalu formal hanya pada rubrik tertentu saja. Informasi yang disampaikan dibuat semenarik mungkin sehingga tidak membosankan untuk dibaca. Majalah ini terdiri dari 28 halaman isi dan 2 cover yang full colour. Dibandingkan dengan Newsletter perusahaan, penampilan dan isi majalah ini akan mampu mendapat perhatian dari khalayaknya yakni karyawan. Istilah News pada Nasmoco News digunakan dengan makna yang sama sebagai pengganti istilah berita bertujuan untuk memberi kesan bahwa majalah ini lebih modern dan mengikuti arus jaman. Design kata Nasmoco sendiri akan menggunakan logo dan warna baku dari perusahaan sehingga memberi kesan bahwa majalah ini akan dengan mudah diingat sebagai majalah internal PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group. Majalah yang akan diterbitkan bulanan ini nantinya berisi beberapa macam rubrik yang terdiri dari Feature, Profile, Head line, opini, Informasi up to date, hiburan berupa karikatur dan foto-foto mengenai PT New Ratna Motor dan Nasmoco Groups Jateng dan DIY. Tampilan full colour menjadi ciri khas dari majalah ini, dengan di setiap rubriknya memiliki ciri khas tampilan design yang memaknai rubrik tersebut. Adapun rubrik didalam majalah ini Meliputi : a. Cover depan, (halaman 1) memuat gambar utama dari tema majalah untuk edisi tersebut beserta headline (berita utama )dari majalah. b. Iklan, dengan dibubuhkan pada halaman isi. Iklan ini berupa iklan dari produk – produk mobil Toyota maupun program terbaru Toyota. c. Daftar isi dan Editorial, (halaman 3) memuat kata pengantar dari redaksi dan susunan keredaksian. d. Inframe, (halaman 4-5) memuat foto dari jajaran direksi ataupun karyawan dengan ulasannya mengenai hal yang berhubungan dengan tema edisi majalah ini. e. Motivasi, (halaman 6-7) memuat motivasi kerja bagi karyawan. f. Sosok, (halaman 8-9) memuat informasi mengenai profile dari karyawan berprestasi maupun departement dari perusahaan. Bertujuan sebagai motivasi untuk karyawan lain dan media untuk memberikan informasi dan mengenal profile tersebut. g. Fokus, (halaman 10-12) memuat headline berupa topik terbaru yang menjadi perhatian. h. Lintas, (Halaman 13–15) memuat kegiatan–kegiatan yang telah terlaksana pada bulan penerbitan dari beberapa Dealer/Cabang Perusahaan i. Otomotif, (halaman 16-19) memuat liputan berbagai artikel tentang informasi dunia otomotif. Pengetahuan ini berupa tips dan trik otomotif ataupun produk-produk terbaru dari Toyota. j. Kilas Mendatang, (halaman 20–21) memuat informasi mengenai kegiatan yang akan dilakukan oleh Nasmoco Group secara singkat. k. Lensa, (halaman 22-23) memuat foto–foto menarik dari kegiatan– kegiatan pada bulan Mei–Juni 2010 l. Info Kesehatan, (halaman 24–25) memuat artikel cara hidup sehat, dan tips trik berhubungan dengan kesehatan m. Opini, (halaman 26-27) Kolom ini memuat tentang opini masyarakat tentang mobil Toyota, pelayanan nasmoco, dan spare partnya n. Joke, (halaman 28) memuat kartun lucu sebagai hiburan bagi karyawan. o. Cover Belakang, (halaman 30) promosi iklan terbaru dari Toyota Hasil penelitian terhadap Majalah Nasmoco News menunjukkan bahwa Bentuk media internal perusahaan berupa majalah dengan nama Nasmoco News mendapatka respon yang baik dari karyawan. Segi konten dan grafis, mencakup variasi rubrik, informasi yang dimuat, bentuk tulisan, warna, dan bahasa dari majalah Nasmoco News mendapatkan penilaian baik. Segi tampilan, mencakup kesesuaian foto dan gambar, warna yang digunakan untuk mencirikhan Nasmoco dan Layout majalah Nasmoco News mendapatkan penilaian yang baik. Nasmoco News mendapatkan penilaian lebih baik dibandingkan newsletter Berita Nasmoco dilihat dari dari aspek rubrik, layout, dan keseluruhan tampilan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24909
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Dec 2010 09:20
Last Modified:22 Dec 2010 09:20

Repository Staff Only: item control page