Hubungan Body Image dan Pengetahuan Gizi dengan Perilaku Makan Remaja Putri (Studi Kasus di Kelas X dan XI SMAN 4 Semarang)

Kartika Setyorini, Kartika Setyorini and Wirawanni, Yekti (2010) Hubungan Body Image dan Pengetahuan Gizi dengan Perilaku Makan Remaja Putri (Studi Kasus di Kelas X dan XI SMAN 4 Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
21Kb
[img]
Preview
PDF - Published Version
426Kb

Abstract

Latar Belakang : Dibandingkan segmen usia yang lain, makan dengan zat gizi tidak adekuat adalah masalah paling umum dialami oleh remaja putri. Body image negatif (ketidakpuasan terhadap bentuk dan ukuran tubuh) semakin sering dijumpai di kalangan remaja putri. Remaja putri biasanya membatasi konsumsi jenis makanan tertentu untuk mendapatkan tubuh ideal (langsing). Pengetahuan gizi membuat remaja lebih mengetahui apa yang seharusnya dan tidak seharusnya mereka makan serta lebih memperhitungkan jumlah zat gizi dan jenis bahan makanan yang dipilih untuk dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan body image dan pengetahuan gizi dengan perilaku makan remaja putri. Metode : Studi cross sectional pada 31 siswi kelas X dan XI di SMAN 4 Semarang. Sampel diambil secara propportional stratified random sampling. Kriteria inklusi adalah sehat jasmani dan tidak sedang menjalani diet karena penyakit tertentu. Data body image, pengetahuan gizi dan perilaku makan diperoleh dari kuesioner. Analisis data dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov untuk menguji kenormalan dan Rank Spearman untuk menguji hubungan body image dan pengetahuan gizi dengan perilaku makan remaja putri. Hasil : Sebagian besar (87,1 %) remaja putri belum menjalankan perilaku makan yang baik, 12,9 % sudah menjalankan perilaku makan yang baik. Remaja putri yang merasa puas dengan bentuk dan ukuran tubuh yang dimilikinya sebanyak 51,6 %, sedangkan 48,4 % merasa tidak puas. Pengetahuan gizi remaja putri termasuk kategori baik (51,6 %), cukup (41,9 %) dan kurang (6,5 %). Didapatkan hubungan bermakna body image dengan perilaku makan remaja putri (r = 0,408; p = 0,023) dan tidak ada hubungan pengetahuan gizi dengan perilaku makan remaja putri (r = 0,069; p = 0,711). Kesimpulan : Ada hubungan body image dengan perilaku makan remaja putri.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Remaja, body image, pengetahuan gizi, perilaku makan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24907
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:21 Dec 2010 15:26
Last Modified:11 Sep 2013 11:05

Repository Staff Only: item control page