Persepsi Body Image, Asupan Energi, dan Aktivitas Fisik pada Remaja Overweight dan Normalweight.” ( Penelitian pada Siswi SMP Negeri 3 Semarang)

Cholifah, Cholifah (2010) Persepsi Body Image, Asupan Energi, dan Aktivitas Fisik pada Remaja Overweight dan Normalweight.” ( Penelitian pada Siswi SMP Negeri 3 Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
39Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

197Kb

Abstract

Latar Belakang : Prevalensi overweight terus meningkat pada remaja putri. Body image, asupan energi, dan aktivitas fisik merupakan faktor yang ikut beperan pada kejadian overweight. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan body image, asupan energi dan aktivitas fisik pada remaja putri overweight dan normalweight. Metode : Penelitian menggunakan desain kasus kontrol dengan subjek penelitian siswi SMP Negeri 3 Semarang dipilih secara Simple Random Sampling yang terdiri dari 28 orang kasus (overweight) dan 28 kontrol (normalweight). Body image diukur dengan kuesioner body image, asupan energi menggunakan FFQ dan aktivitas fisik diukur dengan kuesioner aktivitas fisik. Data body image dan aktivitas fisik dianalisis dengan Mann-whitney dan asupan energi dengan Independent t-test. Hasil : Prevalensi overweight pada penelitian ini adalah 15,8%. Sebagian besar kasus merasa tidak puas pada bentuk dan ukuran tubuhnya (64,2%), sedangkan pada kontrol hanya 17,8% yang merasa tidak puas. Pada kasus 25% memiliki tingkat asupan energi lebih, sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada yang memiliki asupan energi lebih. Sebanyak 35,8% dari kasus memiliki aktivitas ringan dan kelompok kontrol 60,8% memiliki aktivitas ringan. Ada perbedaaan body image, asupan energi, dan aktivitas fisik antara remaja putri yang overweight dan normal (p = 0,001, p =0,045 dan p = 0,034) Simpulan : Remaja putri overweight lebih banyak memiliki body image negatif dan memiliki asupan energi lebih, serta aktivitas fisik yang ringan lebih sedikit dibanding dengan remaja putri normalweight.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:remaja putri, body image, asupan energi, aktivitas fisik, overweight
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24905
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:21 Dec 2010 15:01
Last Modified:21 Dec 2010 15:01

Repository Staff Only: item control page