Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Asupan Zat Gizi Makro Dan Mikro Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Pramadavita Andini, Pramadavita Andini (2010) Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Asupan Zat Gizi Makro Dan Mikro Mahasiswa Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
64Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

239Kb

Abstract

Latar Belakang : Gizi pada umumnya dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan dan perlindungan diri dari penyakit. Salah satu faktor yang mempengaruhi asupan zat gizi makro dan mikro adalah pengetahuan gizi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi dengan asupan zat gizi makro dan mikro mahasiswa gizi. Metode : Penelitian cross-sectional menggunakan 76 subjek di Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang. Data yang dikumpulkan meliputi data identitas subjek, data asupan karbohidrat, protein, lemak, zat besi, seng serta pengetahuan gizi. Asupan zat gizi makro dan mikro diperoleh melalui food records 3x24jam. Pengetahuan gizi diukur dengan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah korelasi rank Spearman. Hasil : Tingkat pengetahuan gizi 90,8% subjek tergolong baik. Tingkat asupan energi 60,5% subjek tergolong defisiensi tingkat berat, tingkat asupan karbohidrat 85,5% subjek tergolong defisiensi tingkat berat, tingkat asupan protein 25% subjek tergolong defisiensi tingkat ringan, tingkat asupan lemak 31,6% subjek tergolong defisiensi tingkat berat, tingkat asupan zat besi 98,7% tergolong defisiensi dan 96,05% subjek tergolong pada tingkat asupan seng defisiensi. Ada hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan protein (r=0,384 ; p=0,001), pengetahuan gizi dengan asupan zat besi (r=0,822 ; p=0,000) dan pengetahuan gizi dengan asupan seng (r=0,834 ; p=0,000). Tidak ada hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan energi (p=0,583), pengetahuan gizi dengan asupan karbohidrat (p=0,596) dan pengetahuan gizi dengan asupan lemak (p=0,529). Kesimpulan : pengetahuan gizi berkaitan dengan asupan protein, zat besi dan seng.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:dewasa, karbohidrat, protein, lemak, zat besi, seng, pengetahuan gizi
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24900
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:21 Dec 2010 14:37
Last Modified:21 Dec 2010 14:37

Repository Staff Only: item control page