Asupan Natrium dari Makanan Jajanan sebagai Faktor Risiko Hipertensi pada Anak (Studi Kasus Kontrol pada Anak Sekolah Dasar Usia 8 – 11 Tahun)

Ratih Kurniasari, Ratih Kurniasari (2010) Asupan Natrium dari Makanan Jajanan sebagai Faktor Risiko Hipertensi pada Anak (Studi Kasus Kontrol pada Anak Sekolah Dasar Usia 8 – 11 Tahun). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
56Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

496Kb

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi tidak hanya dialami oleh orang dewasa tetapi juga dialami oleh anak-anak. Salah satu faktor risiko dari hipertensi adalah tingginya asupan natrium. Sumber-sumber natrium banyak terkandung dalam makanan jajanan yang sering dikonsumsi anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya risiko asupan natrium dari makanan jajanan terhadap hipertensi pada anak sekolah dasar. Metode: Jenis penelitian adalah observasi analitik dengan rancangan kasus kontrol dengan matching berdasarkan jenis kelamin dan usia. Pengambilan subjek secara consequtive sampling pada kedua SD tersebut. Kelompok kasus adalah 40 subjek yang bertekanan darah sistolik dan atau diastolik >90 persentil sedangkan kontrol adalah 40 subjek yang bertekanan darah normal. Tekanan darah diukur dengan sphygmomanometer. Asupan natrium dari makanan jajanan diperoleh dengan semi quantitative food frequencies. Data dianalisis menggunakan uji statistic Chi Square. Hasil: Sebesar 60% makanan jajanan yang sering dikonsumsi subjek mengandung tinggi natrium. Sebanyak 31,25% subjek dengan kategori asupan natrium dari makanan jajanan tinggi mengalami hipertensi dan prehipertensi. Secara statistik terdapat hubungan bermakna antara asupan natrium dengan tekanan darah (p=0,007) dengan OR 3,462 (95% CI 1,379;8,691). Simpulan:Terbukti asupan tinggi natrium dari makanan jajanan memiliki risiko 3,5 kali untuk mengalami hipertensi dan prehipertensi dibandingkan yang bertekanan darah normal.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:anak-anak, prehipertensi dan hipertensi, asupan natrium, makanan jajanan, studi kasus kontrol
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24867
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:20 Dec 2010 16:43
Last Modified:20 Dec 2010 16:43

Repository Staff Only: item control page