Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kegagalan Pemberian ASI Eksklusif (Studi Kualitatif Di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)

Karimatur Rizqi, Karimatur Rizqi and Wirawanni, Yekti (2010) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kegagalan Pemberian ASI Eksklusif (Studi Kualitatif Di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
68Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

285Kb

Abstract

Latar belakang : Pemberian ASI secara eksklusif adalah pemberian ASI saja tanpa tambahan cairan dan makanan padat kepada bayi sampai usia 6 bulan. Data pemberian ASI Eksklusif pada tahun 2008 di Desa Kertijayan Kecamatan Buaran sebesar 8,7%. Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kegagalan pemberian ASI Eksklusif. Metode : Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Teknik pengambilan subyek secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi. Hasil : Penelitian ini terdiri dari 12 subyek. Sebagian (50%) subyek memberikan makanan prelaktal kepada bayinya. Hampir semua subyek (91,7%) memberikan MP-ASI sebelum bayi berumur 6 bulan. Simpulan : Faktor-faktor yang berhubungan dengan kegagalan pemberian ASI Eksklusif meliputi kurangnya pengetahuan, tidak adanya motivasi subyek mengenai pemberian ASI Eksklusif,, tidak adanya penyuluhan dari petugas kesehatan mengenai ASI Eksklusif, tidak adanya fasilitas rawat gabung di rumah sakit, adanya pengaruh ibu dari subyek serta dukun bayi, kebiasaan yang keliru, promosi susu formula melalui petugas kesehatan, masalah kesehatan ibu dan bayi.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:ASI Eksklusif, Faktor-faktor yang berhubungan dengan Kegagalan Pemberian ASI Eksklusif
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24863
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Dec 2010 15:42
Last Modified:14 Aug 2012 11:16

Repository Staff Only: item control page