Efektivitas Metode Dinamika Kelompok dan Ceramah dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswa SMP Mengenai Bahaya Makanan jajanan (Studi pada SMP N 14 Semarang)

Nungky Permina Sari , Nungky Permina Sari (2010) Efektivitas Metode Dinamika Kelompok dan Ceramah dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswa SMP Mengenai Bahaya Makanan jajanan (Studi pada SMP N 14 Semarang). Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
24Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

405Kb

Abstract

Latar belakang : Kebiasaan anak sekolah makan jajanan sembarangan di sekolah maupun di luar dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan pertumbuhannya. Keamanan makanan jajanan baik dari segi mikrobiologi maupun kimiawi belum terjamin. Maka dari itu, pendidikan gizi perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa SMP mengenai bahaya makanan jajanan. Tujuan : untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode dinamika kelompok dan ceramah dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa SMP mengenai bahaya makanan jajanan. Metode : penelitian ini merupakan penelitian true eksperimental dengan desain cluster randomized pre post test control design. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 27 untuk tiap-tiap kelompok yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Hasil : Kondisi awal kelompok dinamika kelompok dan ceramah tidak homogen karena terdapat perbedaan sikap awal (p<0,05). Setelah dilakukan uji kovariat, diperoleh hasil pengetahuan awal berpengaruh terhadap pengetahuan akhir dan sikap awal berpengaruh terhadap sikap akhir (p<0,05) Pendapatan perkapita, dan proses pendidikan tidak berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap akhir (p>0,05). Variabel umur tidak mempengaruhi pengetahuan akhir (p>0,05) tetapi berpengaruh terhadap sikap akhir (p>0,05). Perbedaan metode penyuluhan yang digunakan tidak berpengaruh terhadap pengetahuan akhir (p>0,05) tetapi berpengaruh terhadap sikap akhir (p<0,05). Simpulan : Pendidikan gizi dengan metode dinamika kelompok tidak lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai bahaya makanan jajanan pada siswa-siswi SMP tetapi lebih efektif dalam meningkatkan sikap mengenai bahaya makanan jajanan pada siswa-siswi SMP bila dibandingkan dengan metode ceramah.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:efektifitas, dinamika kelompok, ceramah, pengetahuan, sikap, makanan jajanan
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24859
Deposited By:Dian Widanarta
Deposited On:20 Dec 2010 15:09
Last Modified:20 Dec 2010 15:09

Repository Staff Only: item control page