Aktivitas Promosi PT Trans Semarang dalam mempromosikan Bus Trans Semarang

Nurjanah, Siti (2010) Aktivitas Promosi PT Trans Semarang dalam mempromosikan Bus Trans Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri oleh suatu perusahaan, bahwa promosi memiliki peranan penting dalam kelangsungan produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan. Untuk mewujudkan hal tersebut, ada upaya yang dilakukan, salah satunya dengan aktivitas promosi. Berbagai aktivitas promosi dilakukan oleh PT Trans Semarang untuk meningkatkan pernjualan dan memberikan awareness kepada masyarakat. Seperti yang dimuat pada Suara Merdeka, 28 Oktober 2010 yang memberitakan kerugian yang dialami oleh PT Trans Semarang, menunjukkan kurangnya aktivitas promosi pada PT Trans Semarang. Mengingat, bahwa Bus Trans Semarang merupakan angkutan baru yang ada di kota Semarang. Peran Divisi Keuangan dan SDM sangat penting dalam memajukan perusahaan melalui aktivitas promosi yang disusun. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk memaparkan situasi sebuah peristiwa. Data primer diperoleh secara langsung dari narasumber yaitu Direktur Keuangan dan SDM, seorang Tim Promosi, dan tiga orang konsumen dengan menggunakan interview guide yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas promosi yang dilakukan oleh Divisi Keuangan dan SDM PT Trans Semarang dalam mempromosikan Bus Trans Semarang. Dari penelitian yang dilakukan, bahwa aktivitas promosi yang dilakukan oleh Divisi Keuangan dan SDM PT Trans Semarang diwujudkan dalam beberapa aktivitas, yaitu Penjualan Perseorangan (Personal Selling) melalui karyawan PT Trans Semarang , Promosi Penjualan (Sales Promotions) melalui undan ticket bus berhadiah handphone, dan Publisitas (Public Relations) melalui informasi yang dimuat oleh media. Dari aktivitas promosi yang dilakukan mampu memberikan peningkatan pendapatan. Hal ini bisa dilihat pada meningkatnya jumlah penumpang dari Januari 2010 sampai Juli 2010 ini, yang semula rata – rata penumpang setiap hari 2974 menjadi 3761. Dari aktivitas promosi yang dilakukan, selain dapat menimbulkan awareness masyarakat, juga dapat meningkatan pendapatan PT Trans Semarang.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24857
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Dec 2010 15:01
Last Modified:20 Dec 2010 15:01

Repository Staff Only: item control page