Strategi Kampanye Humas Unit Transfusi Darah PMI Kota Semarang Dalam Mengajak Masyarakat Untuk Donor Darah Sukarela

Sari, Rani Puspita (2010) Strategi Kampanye Humas Unit Transfusi Darah PMI Kota Semarang Dalam Mengajak Masyarakat Untuk Donor Darah Sukarela. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI mendapat tugas khusus dari Pemerintah Republik Indonesia untuk menyelenggarakan UKTD (Upaya Kesehatan Transfusi Darah). UKTD ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Untuk itulah PMI membutuhkan Humas atau petugas Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (PPDDS). Petugas PPDDS memiliki tugas untuk mempengaruhi dan mengubah perilaku masyarakat dari yang tidak tahu menahu tentang donor darah menjadi memahami dan mau berpartisipasi sebagai donor darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye humas UTDC PMI Kota Semarang dalam mengajak masyarakat untuk menjadi donor darah sukarela. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif . Alat dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam (indepth interview) dengan narasumber Kepala Bagian Pelayanan Donor Darah UTDC PMI Kota Semarang, dua orang pendonor darah sukarela Semarang yang mendonorkan darahnya di Gedung UTDC PMI Kota Semarang, dan dua orang yang belum pernah melakukan donor darah. Selain itu data juga berasal dari sumber buku, sumber dari arsip, dokumen pribadi dan dokumen resmi. Hasil penelitian menunjukkan, strategi kampanye yang digunakan humas UTD PMI Cabang Kota Semarang adalah sebagai berikut : pertama strategi recruitment. Strategi recruitment adalah strategi dimana humas UTD PMI mengajak masyarakat yang belum pernah donor agar mau donor darah. Strategi recruitment meliputi : ceramah dan sosialisasi melalui media massa. Strategi recruitment bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, mempengaruhi dan mengubah perilaku masyarakat dari yang tidak tahu tentang donor darah, menjadi tahu dan mau menjadi donor darah. Kedua strategi pelestarian. Strategi pelestarian adalah strategi yang digunakan agar pendonor mau menjadi pendonor darah rutin. Strategi pelestarian ini berupa customer care. Aktivitas customer care humas UTD PMI meliputi : pemberian kaos, pemberian piagam, memberikan kartu ucapan, memberikan fasilitas berobat gratis, memberikan surat dan peneleponan pendonor. Strategi pelestarian ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pendonor. Humas UTD PMI Cabang Kota Semarang telah menggunakan strategi kampanye untuk mengajak masyarakat menjadi pendonor darah sukarela. Dengan begitu diharapkan masyarakat sadar dan mau menjadi pendonor darah yang rutin.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24854
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:20 Dec 2010 14:53
Last Modified:20 Dec 2010 14:53

Repository Staff Only: item control page