Asupan Zat Gizi dan Status Gizi Pasien Skizofrenia dengan Pengobatan Antipsikotik di RS. Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang

Listiyani eka , Listiyani eka (2010) Asupan Zat Gizi dan Status Gizi Pasien Skizofrenia dengan Pengobatan Antipsikotik di RS. Jiwa Daerah Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Undergraduate thesis, Program Studi Ilmu Gizi .

[img]
Preview
PDF - Published Version
97Kb
[img]PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

297Kb

Abstract

Latar Belakang : Skizofrenia merupakan salah satu gangguan psikotik yang bermanifestasi luas, mencakup gangguan perhatian persepsi, pikiran, perasaan, tingkah laku yang dapat mempengaruhi gangguan fungsi kognitif dan gangguan integrasi psikososialnya. Penatalaksanaan gizi merupakan bagian utama tindakan pendukung yang sangat penting untuk kondisi sehat penderita, sehingga akan membantu dalam proses penyembuhan pasien. Tujuan : Mendeskripsikan asupan energi, protein, karbohidrat, vitamin c, niasin, serat, status gizi dan menganalis hubungan asupan energi, protein dengan indeks massa tubuh pada penderita skizofrenia dengan pengobatan antipsikotik Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 33 pasien skizofrenia yang diambil dengan cara consecutive sampling. Penelitian dilakukan di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Data primer meliputi karakteristik subyek, konsumsi makanan dan berat badan/tinggi badan sampel. Analisis bivariat dilakukan melalui uji korelasi rank spearman. Hasil : Sebagian besar sampel, memiliki asupan zat gizi yang baik, untuk energi(81,8%), protein (87,9%), karbohidrat(90,9%) dan asupan zat gizi yang kurang dari kecukupan untuk triptofan(97%), tirosin dan fenilalanin(97%), vitamin C(97%), niasin(78,8%), serat(93,9%). Ada hubungan antara asupan energi dan protein dengan indeks massa tubuh (r = 0,484; p = 0,004) dan juga ada hubungan antara asupan protein indeks massa tubuh (r = 0,424; p = 0,014). Kesimpulan : Memenuhi kebutuan zat gizi yang berhubungan dengan penyakit skizofrenia. Semakin tinggi asupan energi dari protein maka semakin tinggi indeks massa tubuh penderita skizofrenia dengan pengobatan antipsikotik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords:Asupan makanan, indeks massa tubuh, skizofrenia
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
ID Code:24844
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:20 Dec 2010 14:04
Last Modified:20 Dec 2010 14:04

Repository Staff Only: item control page