Fajriani, Miftah Noor (2010) Strategi Humas RS. Telogorejo Dalam Mengelola Komunikasi Eksternal. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
| PDF 32Kb |
Abstract
Komunikasi eksternal adalah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak di luar organisasi. Tidak terkecuali bagi RS. Telogorejo yang merupakan objek penelitian ini. Humas RS. Telogorejo butuh menciptakan sebuah komunikasi yang baik agar pemahaman yang sama tercipta dan jasa pelayanan yang ada dapat diketahui oleh masyarakat luas, baik itu masyarakat yang pernah menggunakan jasa pelayanan RS. Telogorejo ataupun masyarakat yang belum pernah sama sekali menggunakan jasa pelayanan RS. Telogorejo. Hal tersebut menjadi alasan dilakukannya penelitian mengenai Strategi Humas RS. Telogorejo Dalam Mengelola Komunikasi Eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Strategi Humas RS. Telogorejo pada saat mengelola komunikasi eksternal. Onong Uchjana Effendy, berpendapat bahwa komunikasi eksternal adalah komunikasi antara manajer atau pejabat lain yang mewakilinya dengan khalayak atau public diluar organisasi. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan alat pengumpulan data berupa wawancara. Narasumber dalam penelitian ini adalah Humas RS. Telogorejo dan beberapa masyarakat baik itu yang sudah menjadi customer maupun yang merupakan calon customer. Dalam kenyataannya Humas RS. Telogorejo sangat menyadari pentingnya komunikasi eksternal dalam perkembangan RS. Telogorejo. Pada pengelolaan komunikasi eksternal, Humas RS. Telogorejo harus melalui beberapa tahap agar komunikasi dapat dikatakan efektif. Tahapan tersebut antara lain mengumpulkan data atau fakta yang sedang terjadi (Fact Finding), kemudian proses perencanaan dan penyusunan program (Planning and Programming), setelah perencanaan disusunbarulah tindakan operasionalnya (Action and Communication) dan bila rencana telah selesai dilaksanakan maka Humas akan melakukan evaluasi (Evaluation) dan melihat hasil pelaksanaan tersebut. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Humas RS. Telogorejo tidak secara langsung melakukan penelitian sendiri terhadap komunikasi yang akan dilakukan melainkan permintaan unit lain yang diajukan karena ada saran dari customer. Humas hanya menrancang bagaimana kemasan komunikasi eksternal tersebut, tidak merencanakan materi komunikasinya. Pada saat pelaksanaan komunikasi, Humas membutuhkan kerjasama unit lain untuk memperlancar jalannya komunikasi, tugas Humas melobi unit tersebut, kemudian setelah komunikasi dijalankan Humas mengevaluasi, akan tetapi evaluasi yang dilakukan hanya sebatas melalui feedback yang ada. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Humas RS. Telogorejo membutuhkan kerjasama unit – unit lain yang terkait dalam mengelola komunikasi eksternal yang akan dilakukan. Dengan adanya kerjasama yang baik antara Humas dan unit lain yang terkait maka komunikasi akan tercipta dan dapat berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations |
ID Code: | 24765 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 17 Dec 2010 13:46 |
Last Modified: | 17 Dec 2010 13:46 |
Repository Staff Only: item control page