Kinerja Customer Service BRI Semarang Pandanaran dalam Menangani Keluhan Nasabah dengan Pelayanan Prima

Victoria , Kiki (2010) Kinerja Customer Service BRI Semarang Pandanaran dalam Menangani Keluhan Nasabah dengan Pelayanan Prima. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Penelitaan ini dilandasi oleh ketertarikan peneliti dalam mengkaji proses pelayanan maupun penanganan keluhan customer service perbankan. Hal ini dikarenakan pelayanan yang dilakukan customer service merupakan salah satu bagian penting dalam menciptakan image atau citra perusahaan. Ketrampilan dan etika yang baik merupakan modal utama untuk keberhasilan pelayanan prima. Dengan selalu memperhatikan keinginan dan kebutuhan nasabah maka customer service BRI Semarang Pandanaran telah menerapkan pelayanan prima. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kinerja customer service BRI Semarang Pandanaran dalam menangani keluhan nasabah dalam pengembangan gerakan pelayanan prima dengan faktor abitility hingga faktor accountability. Selain itu, peneliti juga ingin mengetahui apakah terdapat hambatan yang dialami customer service dalam melakukan pelayanan maupun menangani keluhan nasabah. Karena apabila terdapat hambatan akan mempengaruhi kinerja pelayanan customer service. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu mendiskripsikan data-data yang telah terkumpul yang tujuannya untuk mencari gambaran yang sistematis dan akurat. Penelitian dilakukan dengan interview atau wawancara kepada narasumber atau pihak yang berkompeten dalam memberikan informasi kegiatan pelayanan customer service, yaitu dari pihak customer service dan Manager Operasional. Selain itu, respon masyarakat didapat dari wawancara perwakilan nasabah yang pernah komplain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja customer service yang dilakukan sesuai dengan faktor-faktor pengembangan gerakan pelayanan prima. Pada faktor ability BRI Semarang Pandanaran memberikan training service excellent. Faktor attitude customer service menerapkan cara bersikap dalam bentuk 3S ( senyum, sapa, salam ) pada nasabah. Faktor apperance, selain penampilan fisik,customer service juga harus baik dalam penampilan pribadi. Faktor attention, customer service menyediakan sarana penyampaian keluhan melalui berbagai cara yaitu melalui telepon, hotline service, form komplain yang bisa diisi langsung oleh nasabah, via email, datang langsung ke petugas customer service, Faktor action, customer service harus bertindak cepat dan tepat dalam menangani keluhan nasabah. Faktor accountability, mengevaluasi setiap tehap kegiatan pananganan keluhan. Respon nasabah terhadap pelayanan customer service BRI Semarang Pandanaran adalah customer service menunjukkan sikap akrab, sopan, pribadi yang yang ramah dan terbuka, dalam menangani keluhan nasabah customer service bersikap sabar dan menunjukkan rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan keluhan yang disampaikan secepat mungkin. Hambatan juga didapati yaitu masalah trouble jaringan ATM yang perlu mendapat koordinasi kantor pusat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24761
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:17 Dec 2010 13:35
Last Modified:17 Dec 2010 13:35

Repository Staff Only: item control page