Kegiatan Manajemen Public Relations Satuan Polisi Pamong Praja kota Surakarta dalam Mempertahankan Citra Pasca Bentrokan Priok

Rachimawati, Amalia (2010) Kegiatan Manajemen Public Relations Satuan Polisi Pamong Praja kota Surakarta dalam Mempertahankan Citra Pasca Bentrokan Priok. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
21Kb

Abstract

Satuan Polisi Pamong Praja merupakan bagian dari aparat kepolisian yang dimiliki disetiap daerah dan dikelola oleh pemerintah kota setempat yang bertugas untuk menegakkan oeraturan daerah serta keputusan kepala daerah. Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja selalu identik dengan kekerasan terlebih pasca bentrokan Priok beberapa waktu lalu sehingga menjadikan citra Satuan Polisi Pamong Praja tercoreng. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi pada Satuan Polisi Pamong Praja kota Surakarta dalam mempertahankan citra positifnya pasca bentrokan Priok. Penelitian dilakukan di Satuan Polisi Pamong Praja pemerintah kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang digunakan adalah Humas Satuan Polisi Pamong Praja kota Surakarta dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepht interview) dengan bantuan panduan wawancara (interview guide). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Satuan Polisi Pamong Praja kota Surakarta melakukan kegiatan manajemen public relations melalui penelitian, pelaksanaan dan pengevaluasian dan hal tersebut sesuai dengan empat tahap manajemen public relations dalam komunikasi yaitu fact finding, planning and programming, communicating dan evaluating. Kegiatan tersebut telah dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja sebelum ataupun sesudah bentrokan Priok dalam mempertahankan citra. Serta dapat disimpulkan bahwa bagi Satuan Polisi Pamong Praja kota Surakarta bentrokan Priok justru berpengaruh positif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24757
Deposited By:Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Undip
Deposited On:17 Dec 2010 11:21
Last Modified:17 Dec 2010 11:21

Repository Staff Only: item control page