Efektifitas Kegiatan “Internet Goes To School” (IG2S) Oleh PT. Telkom Divre IV Jateng & DIY Di Kalangan Tenaga Pengajar

Hendrayanti, Ragil Septrayani (2010) Efektifitas Kegiatan “Internet Goes To School” (IG2S) Oleh PT. Telkom Divre IV Jateng & DIY Di Kalangan Tenaga Pengajar. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
12Kb

Abstract

Fakta bahwa banyak tenaga pengajar (guru) yang kurang memahami dan belum mempunyai skill dalam penggunaan internet membuat PT. Telkom Divre IV Jateng & DIY yang bergerak di bidang penyedia informasi dan teknologi mengadakan pelatihan internet yang ditujukkan bagi guru di kota Semarang, yaitu Internet Goes To School. Melalui komitmen “Membangun Masyarakat Cerdas Bersama Telkom”, Telkom berupaya mengatasi masalah tersebut yang diwujudkan dalam program CSR. Efektifitas dari pelatihan Internet Goes To School (IG2S) dapat dilihat dari respon peserta IG2S yang sedang atau telah mengikuti pelatihan tersebut. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada 38 responden. Pengambilan sampling adalah total sampling, yaitu seluruh peserta yang mengikuti pelatihan pada tanggal 13 Juli 2010, dikarenakan pada tanggal 13 Juli 2010 pelatihan IG2S diikuti oleh perwakilan tenaga pendidik yang ada di Semarang sebagai responden. Melalui hasil kuesioner, efektifitas dapat diukur melalui indikator yaitu antusias dalam mengikuti pelatihan IG2S. Sebanyak 52,63% menilai pelatihan IG2S mempunyai daya tarik bagi peserta. Selain itu, efektifitas juga diukur melalui penilaian peserta IG2S terhadap fasilitas yang disediakan oleh PT. Telkom, seperti fasilitas tempat, layanan Hot Spot dan Laptop. Sebanyak 64, 03% menilai fasilitas dan layanan dalam pelaksanaan IG2S berjalan dengan baik. Faktor pendukung lain yang utama adalah adanya tenaga pengajar dalam menyampaikan materi IG2S, sebanyak 78, 95% menilai tenaga pengajar mempunyai kemampuan yang baik dalam menyampaikan materi dengan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Dari hasil penelitian yang dilakukan, efektifitas pelatihan IG2S PT. Telkom Divre IV Jateng & DIY di kalangan tenaga pengajar adalah efektif. Karena sebagian besar responden yaitu sebanyak 47, 37% menunjukkan penilaian bahwa pelatihan IG2S efektif, sebesar 21, 05% responden menilai pelatihan IG2S sangat efektif. Sedangkan 28, 95% responden menilai kurang efektif dan hanya 2, 63% responden yang menilai pelatihan IG2S tidak efektif . Hal tersebut merupakan nilai plus bagi PT. Telkom karena dengan adanya pelatihan IG2S, citra PT. Telkom di kalangan masyarakat dan customer semakin baik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:24752
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Dec 2010 10:45
Last Modified:17 Dec 2010 10:45

Repository Staff Only: item control page