PENGEMBANGAN MEDIA FILM DAN POSTER SEBAGAI UPAYA UNTUK MENYADARKAN IBU HAMIL MENGENAI PENTINGNYA TES HIV

INDRASWARI, RATIH (2009) PENGEMBANGAN MEDIA FILM DAN POSTER SEBAGAI UPAYA UNTUK MENYADARKAN IBU HAMIL MENGENAI PENTINGNYA TES HIV. Masters thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK RATIH INDRASWARI PENGEMBANGAN MEDIA FILM DAN POSTER SEBAGAI UPAYA UNTUK MENYADARKAN IBU HAMIL MENGENAI PENTINGNYA TES HIV xv + 87 halaman + 7 tabel + 4 gambar + 5 lampiran WHO memperkirakan bahwa setiap harinya terdapat 1.600 anak-anak yang terinfeksi HIV, atau sekitar 600.000 infeksi HIV baru tiap tahun di seluruh dunia. Penularan melalui perinatal adalah cara penularan yang paling umum terjadi pada anak-anak. Lebih dari 90% kasus AIDS pada anak ditularkan melalui ibunya yang terinfeksi HIV. Sedangkan tes HIV sebagai satu-satunya cara menegakkan diagnosis infeksi HIV belum banyak diketahui ibu-ibu hamil. Sumber informasi mengenai hal ini pun masih sulit ditemui. Pemakaian media audiovisual terbukti sangat efektif dalam menyampaikan pesan. Selain paparan yang luas karena dapat ditayangkan melalui TV, film sebagai media audiovisual juga dinilai lebih menarik. Poster juga sangat baik digunakan dalam penyampaian pesan karena menyentuh emosi pembaca sehingga perlu dikembangkan untuk mendukung film. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media promosi kesehatan berupa film dan poster untuk menyadarkan ibu hamil mengenai pentingnya tes HIV. Penelitian ini mencakup tahapan analisis kebutuhan media informasi dan pengembangan media. Pada tahap analisis kebutuhan media menggunakan metode review literatur dan hasil pretest diperoleh dari wawancara perseorangan. Sasaran adalah ibu-ibu hamil yang merupakan ibu rumah tangga beresiko tinggi tertular HIV, tinggal di daerah rural, berpendidikan 9-12 tahun, dan tingkat sosial ekonomi menengah. Film yang diproduksi berjudul “Status” bercerita mengenai seorang suami yang gigih mencari tempat tes HIV untuk istrinya yang sedang hamil. Sedangkan poster menggambarkan seorang ibu yang menyayangi bayinya. Keduanya bertujuan untuk menyadarkan sasaran akan perlunya melakukan tes HIV selama kehamilan. Sebelumnya, rancangan skrip film dan poster telah dilakukan ujicoba dan perbaikan sesuai dengan hasil pretest yang didiskusikan dengan para ahli. Media ini dapat dikelola oleh instansi terkait seperti Dinas Kesehatan sebagai media penyampai informasi. Film dapat ditayangkan di RS, Puskesmas, Posyandu dan saat melakukan penyuluhan. Sedangkan poster juga dapat ditempel di tempat-tempat strategis yang dikunjungi ibu-ibu hamil seperti RS, Puskesmas, dan pusat perbelanjaan. Dalam pengembangan media sebaiknya dilakukan pemilihan sasaran secara spesifik di awal proses dan dilakukan retest hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan situasi dan kondisi sasaran. Kata Kunci : Media, Poster, Film, Tes HIV, Ibu Hamil Kepustakaan : 90 (1969-2009) MAGISTER OF HEALTH PROMOTION DIPONEGORO UNIVERSITY SEMARANG MAJORING IN REPRODUCTIVE HEALTH AND HIV/AIDS 2009 ABSTRACT RATIH INDRASWARI DEVELOPING MOVIE AND POSTER FOR PREGNANT WOMEN TO AWARE WITH HIV TEST xv + 87 pages + 7 tables + 4 pictures + 5 appendices The World Health Organization estimates that, every day, about 1600 children is infected with HIV, or there are about 600,000 new infections annually in children throughout the world. Perinatal HIV transmission is the most common route of HIV infection in children. It is now the source of more than 90% of all AIDS cases in children. HIV test, as the only way for make sure the diagnosis, is less known by pregnant women. Information sources are also difficult to get. Using audiovisual in sending message is effective. It’s huge in reaching people and very interesting as well. Poster is also good in sending information because touching viewer’s emotion. This research was aimed to develop film and poster for pregnant women to aware with HIV test. Literature review method was used to analyze information media need. Pretest was conducted by personal interview. The population of this research was pregnant women with high HIV infection risk who are housewives, lived in rural area, 9-12 study years, and middle socio economic level. The film titled “Status” which is story a husband who not to yield in finding HIV testing place for his pregnant wife. Poster also portrayed a mother’s love. Both were aimed to make pregnant women become aware with HIV test during pregnancy. Before, script and poster was pretested, discussed and revised for betterment product. Health department can make use of these products in sending information. Film can be played in hospital, health center, and HIV socialization as well. Poster can be put on strategic places such health center and shopping area. In developing media, it suggested for choosing specific target first and do retest to get the final product which is appropriate with situation and condition of target audience. Keywords : Media, Poster, Film, HIV test, Pregnant Women. Bibliographies : 90 (1969-2009)

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Health Promotion
ID Code:24742
Deposited By:Mr UPT Perpus 2
Deposited On:17 Dec 2010 09:39
Last Modified:20 Dec 2010 10:16

Repository Staff Only: item control page