Sistem Informasi Geografis Untuk Pemantauan Persebaran Penyakit dan Bencana Menggunakan SMS Gateway pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah

Dewangga, Ekky (2010) Sistem Informasi Geografis Untuk Pemantauan Persebaran Penyakit dan Bencana Menggunakan SMS Gateway pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Data persebaran penyakit dan bencana merupakan data yang sangat diperlukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Teknologi komunikasi berbasis mobile dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas ketersediaan data persebaran penyakit dan bencana. Sistem informasi geografis untuk pemantauan persebaran penyakit dan bencana menggunakan SMS gateway dibangun untuk meningkatkan kualitas ketersediaan data persebaran penyakit dan bencana. Sistem dapat menerima laporan persebaran penyakit dan bencana secara cepat dengan menggunakan media SMS, dan menampilkan laporan persebaran penyakit dan bencana yang disajikan dalam bentuk spasial dan data atribut. Sistem ini dikembangkan dengan waterfall model, dan dibangun dengan bahasa pemrograman Visual Basic 2005, komponen MapWindow GIS version 4.4.2801, mCore .NET SMS Library 1.2.6, Developer Express .NET v.8.1, DevComponents Dot Net Bar, dan MySQL Server 5.0. Sistem tersebut menghasilkan informasi persebaran penyakit dan bencana, merekam laporan kejadian, menampilkan kejadian persebaran penyakit dan bencana dalam bentuk peta digital, mengirimkan peringatan otomatis melalui SMS, serta menghasilkan laporan awal penyakit dan bencana.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions:Faculty of Science and Mathematics > Department of Computer Science
ID Code:24702
Deposited By:Mr. Matematika Admin
Deposited On:15 Dec 2010 13:25
Last Modified:15 Dec 2010 13:25

Repository Staff Only: item control page