APOLOGY STRATEGIES USED IN READER’S LETTER BY COMPLAINEE ON KOMPAS DAILY CYBER-NEWS ISSUED FROM JANUARY TO SEPTEMBER 2009

NURYANTO, ARI (2010) APOLOGY STRATEGIES USED IN READER’S LETTER BY COMPLAINEE ON KOMPAS DAILY CYBER-NEWS ISSUED FROM JANUARY TO SEPTEMBER 2009. Undergraduate thesis, University of Diponegoro.

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) - Published Version
65Kb

Abstract

Gemar sekali para peneliti dalam bidang linguistik menganalisis strategi permintaan maaf yang berkaitan dengan perihal kesopanan namun peneliti, Ari Nuryanto, di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, tidak menemukan penelitian yang mendiskusikan penggunaan strategi permintaan maaf dengan batasan komplain. Peneliti berpendapat bahwa semakin lengkap strategi permintaan maaf yang digunakan dalam mengatasi komplain, semakin efisien dan cepat terselesaikan komplain tersebut. Melalui skripsi ini, peneliti berikhtiar untuk memetakan pola strategi permintaan maaf dalam mengatasi komplain dan menganalisis jenis kalimat yang digunakan dalam ungkapan-ungkapannya. Dengan menggunakan media Surat Pembaca pada situs web harian Kompas, peneliti berharap skripsi ini dapat digunakan sebagai referensi untuk lebih tepat menggunakan strategi permintaan maaf dalam menanggapi komplain. Pada penelitian deskriptif kualitatif ini, digunakan Metode Padan Pragmatis dalam menganalisis enam puluh startegi permintaan maaf yang sudah diperoleh. Sesuai dengan teori Anna Trosborg, strategi-strategi tersebut diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Hasil dari riset ini menunjukkan kecenderungan para perespon tanggapan menggunakan lebih dari satu strategi dalam menyelesaikan komplain, dengan catatan, penyelesaian komplain ini tidak selalu dengan menggunakan kata maaf karena perespon dapat saja sedikit mengelak dari tanggung jawabnya. Diperoleh juga bahwa kalimat yang digunakan dalam ungkapan-ungkapan strategi permintaan maaf tidak selalu berjenis deklaratif dan imperatif, melainkan kalimat berjenis interogatif.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:24688
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Dec 2010 14:12
Last Modified:14 Dec 2010 14:12

Repository Staff Only: item control page